nhk

Jelang FP1/FP2 MotoGP Sachsenring 2017: Canggih, Hukuman Dan Kibaran Bendera Muncul Di Panel Instrumen Motor

teknologi, sachsaenring, motogp

ManiakMotor – Bukan cuma permukaan aspal yang baru saja mewarnai motogp di Sachsenring, Jerman. Balapan ronde kesembilan ini akan dikenang sebagai lomba pertama, di mana direktur perlombaan (Race Director) akan ‘berkomunikasi’ sama para pembalap melalui panel instrumen.

Contoh, posisi pembalap drop akan menyala

Maksudnya, pimpinan perlombaan akan menginformasikan pada pembalap soal hukuman dan bendera. Pengujian sudah dilakukan sejak tahun lalu tanpa gembar-gembor dan dilanjutkan tahun ini, tapi hanya sebatas sampai tahap latihan resmi. Itu pun tidak dilakukan semua tim, hanya bagi yang mau.

Nah, di Jerman ini, tim diminta dapat memilih untuk menguji sistem ini. Boleh saat kualifikasi atau balapan. Jadi, ketika dalam kasus hukuman atau mengibarkan bendera apapun, Race Director segera menginformasikan ke pembalap yang bersangkutan.

Ada tujuh pesan berbeda disampaikan kepada pembalap, seperti bendera merah, bendera hitam, bendera biru, bendera hitam dengan disc oranye, penalti melewati pit (ride through), posisi turun, dan melebihi batas trek. Sebuah teks tertentu akan digunakan sebagai sinyal setiap peringatan.

Tim Ducati sudah menerapkan sistem ini, sedang Yamaha sudah merencanakan dan tidak sampai tahun depan. Dengan sistem ini, tim pun, mulai 2018 bisa menyampaikan pesan ke pembalapnya. Seperti, kapan akan mengganti mootor atau berapa gap dengan pembalap di belakang. Rezki

BAGIKAN