nhk

Jelang FP1/FP2 MotoGP Sachsenring: Rossi Tidak Berharap Flag-To-Flag, Akan Jajal Sasis Baru Kedua

Rossi, Sachsenring, motogp

ManiakMotor – Secara jujur, Valentino Rossi sangat tidak berharap saat balapan MotoGP Jerman sebagai ronde kesembilan terjadi flag-to-flag, pekan ini (2/7). Maksudnya, saat balap menempuh 30 lap kelak, sebisanya dari awal sampai finish kering terus atau basah sekalian. Akan repot jika kondisi trek kombinasi antara kering dan basah.

Pasalnya, The Doctor masih akan mengandalkan sasis baru yang dipakai di Assen. Meski, saat latihan hari ini ia akan menjajal sasis baru lainnya sebagai referensi. Sehingga, dalam situasi di mana dirinya harus siap menggunakan kedua sasis itu.

Sasis baru pada M1 Rossi telah memperbaiki perasaannya, terutama pada bagian depan saat masuk tikungan. Apalagi, trek berjarak 3,7 km dengan 13 tikungan (10 ke kiri dan 3 kanan) yang anti-clockwise (berlawanan arah jarum jam) terkenal stop & go dan sangat menguras fisik karena harus memainkan bodi untuk memindahkan arah motor dan melakukan pengereman.

Makanya, dengan trek kering, Rossi bisa menekan kelelahan fisiknya melalui ritme balap yang teratur. “Jika sampai flag-to-flag bisa menjadi masalah,” tegasnya. Bisa dimaklumi, karena dengan ganti motor butuh waktu lagi untuk mendapatkan ritme baru lagi. “Tapi, saya akan mencoba untuk siap jika sampai terjadi flag-to-flag,” urainya.

Rossi mengambil contoh tahun lalu yang dinilai sebagai balapan gila dengan dua kondisi. Posisinya tidak begitu jelek, namun cepatnya trek mengering jelang beberapa lap akhir, ia coba bertahan tanpa ganti motor (pakai ban kering). Ternyata, itu bukan strategi yang tepat. “Makanya, saya sangat berharap balapan kali ini penuh kering atau penuh basah,” tutupnya. Rezki

BAGIKAN