nhk

Jelang FP2-FP3 MotoGP Qatar 2017: Satu Komponen Ini Bikin Rossi Buyar Di FP1

Rossi, FP1, Qatar

ManiakMotor –Cukup mengejutkan hasil latihan bebas pertama MotoGP Qatar di sirkuit Losail, semalam (23/3). Maverick Vinales tercepat dengan 1:54.316, sementara rekan setimnya Valentino Rossi berada di urutan kesembilan dengan selisih kecepatan 1.483 detik. Buruknya hasil itu, menurut The Doctor karena dirinya hilang kepercayaan.

Apa yang dikhawatirkan Vale soal kurangnya kecepatan M1 saat terakhir tes pra-musim di Losail, jadi kenyataan. Kurangnya kecepatan M1, menurut Rossi bukan ada masalah pada motor. Tapi, konsentrasinya terpecah lantaran lagi berjuang mendapatkan setelan M1 agar menyatu dengan perasaannya, terutama menggunakan ban baru Michelin.

Ban baru Michelin, kata VR sangat beda dengan tahun lalu. Tak cuma casing, komponnya pun lebih lembut. Sudah begitu, bidang kontak yang lembut lebih lebar. Padahal, tahun lalu ia sempat cepat. Akibatnya, performa legenda motogp ini tidak fantastis. “Saya kehilangan perasaan. Trus, setiap masuk tikungan banyak gerak, akibatnya tak cukup kecepatan,” tegas Rossi.

Rossi memang terpantau dari 14 lap yang ia lakukan agak kesulitan mengimbangi kecepatan di papan atas. Setiap kali masuk paddock dia melaporkan motornya yang sulit di kontrol. Tentu saja itu di tikungan-tikungan Qatar.

Kemungkin pakai ban kompon medium, justru ini yang paling dikhawatirkan Rossi. Apalagi untuk balap, kecuali, katanya adanya modifikasi pada setelan bisa membantu. “Ya, kita lihat besok (FP2),” tutup Rossi yang masih berusaha melakukan terobosan terhadap diri sendiri dan motor.

Rossi juga dilaporkan tetap gembira, karena masih berada di 10 besar dari hasil FP1. Harus lebih cepat dong, masak kalah dari dua pengendara Yamaha satelit. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 23 – 26 Maret 2017

BAGIKAN