nhk

Jelang FP2-FP3 MotoGP Qatar 2017: Vinales Puji M1, Meski Kecepatan Kalah Sama Honda

Vinales, FP1, Qatar

ManiakMotor – Sapu bersih sebagai tercepat di semua sesi tes pra-musim dan difavoritkan calon juara dunia, dijawab Maverick Vinales di FP1. Pembalap 22 tahun itu menunjukkan superioritasnya bersama M1 tampil sebagai yang tercepat dengan waktu 1:54.316 detik. Best time yang diukir dua lap terakhir dari 45 menit ini sekaligus menjawab keraguan pengamat dan lawan atas kemampuannya.

Lomba sendiri masih tiga hari lagi, akhir pekan (26/3). Tapi, mantan pembalap Suzuki itu berujar yang tentu bikin emosi lawan tersulut. “Jika saya tidak berjuang untuk menang, itu akan menjadi kesalahan saya,” katanya. Yamaha pun saat balapan menempuh 22 lap akan bertumpu pada bahunya.

Vinales tampil di atas M1 yang memakai sayap internal dengan desain fairing lebih ngelembung sedikit dari 2016. Bisa melesat tercepat, diakuinya kondisi M1 sangat baik. Meski kecepatan tertinggi yang dikembangkan 334.8 km/jam masih kalah cepat sama duo Honda RC213V yang 337.7 km/jam Oleh Marquez dan Dani Pedrosa berada di belakangnya persis. Namun, Vinales bisa menutupi melalui manuver yang cepat di tikungan.

Dalam 45 menit, banyak hal yang dilakukan MV bersama tim. Di antaranya, ban belakang pakai kompon lunak dapat hasil yang baik. Bahkan ia pun sudah menjajal ban buat balapan dan mengaku nyaman di atas motor.

“Menang atau tidak saat balapan, tergantung banyak hal. Tapi, jika tidak berjuang untuk kemenangan berarti saya belum diberikan 100 persen,” ujarnya. Lebih mengejutkan, ia bilang belum mengubah gaya balapnya sampai 100% buat M1. Wah, gimana sampai 100%? Rezki

BAGIKAN