nhk

Jelang FP2/FP3 MotoGP Qatar 2017: Tercepat Kelima Lorenzo Kaget, Banyak Masalah Pada Motor

lorenzo, FP1, Qatar

ManiakMotor – Tercepat kelima, tentu sangat mengejutkan pembalap baru Ducati Jorge Lorenzo dengan torehan  waktu 1:55.603 detik. Bayangkan, juara dunia lima kali (3 motogp, sekali di moto3 dan moto2) ini lebih cepat 0.266 detik dari rekan setimnya Dovizioso yang terpuruk di peringkat ke-11. Padahal, secara akumulasi tes pra-musim JL berada di bawah Dovi.

“Hasil ini cukup baik, tapi kami masih cari jalan untuk waktu tercepat. Besok (FP2) kami akan mencoba dan menemukan sensasi yang sama dengan ban keras,’ bilang JL usai latihan. Memang, mantan pembalap Yamaha ini ngotot minta pakai ban keras untuk meningkatkan kecepatan di trek.

Lorenzo menceritakan bahwa faktor angin sedikit mengganggu perjuangannya dalam mengembangkan kecepatan Desmosedici GP17. Tampaknya, Ducati tidak jadi pakai fairing radikal model F1. “Daya cengkeram ban depan sangat sedikit. Ditambah, kondisi trek lebih buruk dibandingkan saat tes. Dalam kondisi begitu, justru Vinales sangat cepat,” bilang JL soal gangguan angin.

Tim lantas mengganti ban keras dengan lunak di depan. Ternyata, perasaan Lorenzo lebih nyaman. Saat ban belakang juga dipasang lunak, katanya hanya bertahan beberapa lap. Untuk FP2, lanjutnya, dirinya dan tim harus berani memutuskan sesuatu agar kepercayaan dirinya saat sudah duduk di jok GP jadi pede.

“Kami sekarang ini dalam dilema. Ban lunak terlalu lembut dan cepat aus. Dengan ban keras tidak terlalu kompetitif dan waktu tempuh tidak konstan,” keluh Lorenzo yang massih belum nyaman di atas motor. Trus, saat mengerem tidak bisa pakai ban belakang yang daya cengkeramnya sedikit sekali. Kendati trek Losail makanan empuk Ducati, pembalap dari skuad Borgo panigale tidak banyak yang dilakukan saat latihan. Rezki

BAGIKAN