nhk

Jelang FP3 & FP4 MotoGP Losail 2019: Rossi Tercepat FP1, Tapi Belum Lolos Ke Q2

ManiakMotor – Valentino Rossi (Monster Yamaha) tercepat di FP1 pada Jumat 8 Maret 2019 di Losail, Qatar. Rossi di situ mengalahkan dua andalan Honda. Tapi di FP2 dia melorot jauh ke posisi 17. Catatannya tercepat dari FP1 pun belum cukup untuk membawanya langsung ke Q2.

Rossi di FP1 yang tercepat itu mencetak 1’55.048. Lalu di FP2 yang ke-17 itu membuat 1’55.137. Sedangkan urutan 10 di FP2 saja mencetak 1’54.402 atas nama Joan Mir (Suzuki).

Artinya Rossi harus berlari minimum melewati catatan si Mir untuk ikut langsung Q2, “Sangat sulit di FP2. Saya berkutat dengan grip ban depan. Untuk masuk ke Q2 juga berat, karena FP3 diadakan siang, bukan malam,” papar Rossi yang walau begitu masih akan berusaha.

Menurut Rossi, di FP2 dia tak banyak mengubah set-up M1-nya alias masih sama dengan FP1. Tapi memang kondisi aspal berubah lantaran FP2 diadakan malam di sana. Rossi kesulitan mendorong motornya. Itu tadi pegangan ban depan sangat lemah. Dia pun nggak berani melajukan motornya.

Masalahnya Rossi banyak ‘menghancurkan’ ban depan yang di luar perhitungan. Jika ban depan diganti mulu, kuota ban selanjutnya menipis. Nanti dia kehabisan ban. Degradasi ban depan sangat serius saat pakai tipe medium. Paling banyak dipakai lima lap sudah langsung habis.
Menikung ke kanan sangat  bermasalah dan di situ ban banyak tergerus. Padahal penyakit tersebut yang banyak diuji ketika musim tes termasuk di Qatar. Ban banyak termakan akibat didorong akselerasi ketika menikung kanan yang ditandai dengan  getaran keras. Rossi sungguh menyayangkan, karena optimis saat FP1 dan coba dengan langkah lebih baik di FP2, namun gagal.

Dengan banyaknya pembalap yang rata bahkan sampai posisi 14 mencetak 1:54, Rossi harus kerja sangat keras menembus Q2. Waduh. “Memang hari yang aneh. Di FP1 motor sangat enak. Eh di FP2 jauh berubah. Tapi mari kita usahakan di FP3, walau itu sulit,” tekad Rossi dengan senyum-senyum.

Kalau dia masih bisa senyum artinya ada peluang. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 8 – 10 Maret 2019 Moto2 Dan Moto3

Jelang FP3 & Q2 MotoGP Qatar 2019: Marquez Terkejut Pada Lorenzo, Pemirsa Lebih Kaget Lagi Rekor MM

FP1 MotoGP Qatar 2019: Rossi Tercepat, Disusul Marquez dan Lorenzo… Wah Panas..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353