nhk

Jelang FP3/FP4-Q2 MotoGP Argentina 2018: Bukannya Alasan, Grip Ban Ducati Dovizioso Kurang

ManiakMotor – Andrea Dovizioso terus terang bukannya membangun alasan, tapi memang begitu faktanya. Sirkuit sangat licin. Aspal baru sirkuit Termas de Rio Hondo di Argentina juga nyaris sama dengan yang lama. Asli ini saya cerita. Memang beberapa bumpy hilang, tapi grip tidak bertambah,” beber Dovizioso dari kombinasi FP1 dan FP2 hanya ke-15.

Keluhan sama juga disuarakan pembalap yang lain. Namun di Ducati sangat terasa. Dovi mengaku coba semua tipe ban, tapi catatan waktunya gitu-gitu aja. Dia kesulitan. Sama sekali tidak memiliki feeling yang normal untuk menulis catatan terbaik yang bisa bersaing ke depan.

Semua jurus – kecuali jaran goyang – digunakan Dovi dan mekanik menset-up GP18. “Roda belakang malah berputar banyak (spin). Biasanya setiap ganti ban baru, cengkeraman langsung dapat. Kalau di sini tidak!” keluh Dovi yang berhasap pada Sabtu 7 April 2018 ada sesi yang benar-benar kering, tidak seperti hari pertama diiringi gerimis.

Tipis-tipis dengan Jorge Lorenzo yang satu kubu dengan Dovizioso di Ducati. Lorenzo malah menunjuk angin yang sangat kencang di seputar sirkuit. Katanya angin ini menganggu wilayah depan motor sehingga sulit diajak kencang. “Angin ini sangat terasa ketika menikung cepat sebelum trek lurus. Saya nggak berani membuka gas, karena kuran aman melaju maksimal di situ,” sebut Lorenzo yang ke-16.

Apakah omongan Lorenzo alasan, silakan nilai sendiri. Yang mengherankan ada satu Ducati yang masuk 3 besar di FP2. Itu Ducati yang dikebut Tito Rabat milik Avintia Racing. MM

 

BAGIKAN