nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Brno 2018: Fairing Baru Ducati Dimanfaatkan Dovizioso! Lorenzo?

ManiakMotor – Memang hasil akhir kombinasi hari pertama Andrea Dovizioso ke-5. Akan tetapi, Dovizioso tergolong konsisten pada dua sesi latihan bebas tersebut. Posisinya tak lepas dari lima besar dan kadang malah tercepat.

Janganlah heran, Dovi yang mencetak 1 menit 56,144 detik itu, puas dengan kecepatannya. Dia tinggal menyesuaikan GP18-nya pada sesi-sesi selanjutnya, “Benar-benar mantap kecepatannya, di atas dari perkiraan awal. Ini yang terbaik yang dapat dilakukan pada hari pertama. Malah sudah bisa coba ban untuk balapan,” komentar Dovizioso yang coba fairing baru di Brno seperti dipakai Danilo Petrucci.

Menurut Dovi, dia malah nggak menggunakan ban lunak untuk mencari time. Dia lebih banyak memakai ban bekas. Tahu kan arti ban bekas di latihan bebas di MotoGP? Dan itu benaran ban bekas untuk mencari set-up paling ideal. Sebab saat lomba, ban baru di pertengahan lap sudah jadi ban bekas.

Bagi Dovi konsumsi ban di Brno tantangan penyetelan motor. Di saat sama, tempratur sirkuit meningkat tajam jadi 49ºC ketika FP2. Bukan tak mungkin juga terjadi di lomba yang waktunya sama, “Degradasi ban sangat tinggi, tim banyak menyetel pada area itu,” tutur Dovi yang keempat dari kombinasi FP1 dan FP2.

Sangat jauh berbeda dengan rekan setimnya. Jorge Lorenzo yang malah terpuruk di posisi 15. Lorenzo kelihatannya kesulitan mengembangkan lajunya. Lorenzo kudu bangkit di FP3 agar langsung bisa ke Q2, “Sulit. Semua set-up diubah semua dari dasarnya. Tapi tenang, masih ada FP3 dan FP4 untuk melacaknya,” janji Lorenzo yang akan mengkanibal data Mugello.

Lebih bagus Danilo Petrucci (Pramac Ducati) yang kedua dari hasil FP dan FP2, “Saya pakai fairing baru, sagat positif. Motor lebih ringan untuk diubah arahnya,” kata Petrucci yang tampil dengan fairing baru macam moncong lele. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Hasil Lengkap MotoGP Brno 2018, Moto2 Dan Moto3

Jelang FP3/Q2 MotoGP Brno 2018: M1 Rossi Slide-nya Masih Banyak, Lagi Disetel