nhk

Jelang FP3, FP4 & Q2 MotoGP Brno 2019: Pilihan Marquez Dengan Dua Sasis

ManiakMotor – Marc Marquez mengaku di FP1 menggunakan sasis lama dan FP2 pakai sasis baru pada RC213V-nya. Tentu pada Jumat 2 Agustus di sirkuit Brno, Ceko untuk MotoGP ronde 10, “Saya pakai sasis baru dapat waktu tercepat di Brno,” papar Marquez yang di FP1 kalah dari Andrea Dovizioso (Ducati) dan FP2 tunduk dari kecepatan M1 Fabio Quartararo (Petronas Yamaha).

Dua sasis tersebut menurut Marquez harus menggunakan feeling yang berbeda untuk menggebernya. Sasis lama katanya telah terbukti telah memberikan banyak hasil di paruh pertama MotoGP 2019. Karena itu, walau Jumat dia tercepat dengan sasis baru, pengetesan sasis masih akan dilanjutkan pada test resmi MotoGP di sirkuit Brno juga pada Senin 5 Agustus.

“Dua sasis tersebut memiliki keunggulan. Sasis baru memang cepat di beberapa bagian sudut dan harus dibandingkan dengan trek berbeda. Sasis lama lebih tenang menggebernya, karena percaya telah memberikan hasil. Yang pasti kedua sasis ini di Brno kerepotan mengatasi degradasi ban yang sangat cepat. Karena itu, saya lebih suka memahami ban bekas,” tegas Marquez yang sedang memimpin klasemen tersebut dan arahnya tetap menggunakan sasis lama saat berlomba.

Disebut ban bekas, ban baru pun saat digunakan beberapa lap juga sudah disebut bekas, karena komponnya sudah berkurang. Di saat berkurang tersebut, Marquez mencari kecepatan konsistennya dengan caranya memerlakukan motor. Dan di Brno, ban baru hanya beberapa lap sudah terasa jadi ban bekas dengan degradasi ban yang cepat.

“Cengkeraman juga lebih buruk dari tahun lalu. Banyak juga lintasan yang kurang rata aspalnya, terutama pada beberapa tikungan. Tapi nggak masalah, tidak terlalu mengganggu keadaan tersebut. Dan akan diatasi dengan penyetelan motor lebih prima pada Sabtu,” kata Marquez yang di FP1 kalah 0.029 detik dari Dovizioso dengan time 1’56.948 dan FP2 tertinggal 0.023 detik dengan time 1’55.825 dari Quartararo.

Tapi ingat di FP2 hanya Quartararo dan Marquez yang mampu berlari di bawah 1 menit 56 detik. Dan buat Marquez kalah sikit bukan persoalan besar. Pembalap Spanyol ini ahli mengikuti ritme pembalap lebih cepat saat balapan. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Hasil MotoGP Brno 2 – 4 Agustus 2019 Moto2 dan Moto3

Jelang FP3, FP4 & Q2 2019: Rossi Bisa Tidur Nyenyak Di 10 Besar, M1 Ngebul Mesin Tua

FP2 MotoGP Brno 2019: M1 Quartararo Tercepat, RC213V Marquez Ke-2, Oli M1 Rossi Bocor Ngebul..!

FP1 MotoGP Brno 2019: Alunan Menikung Ducati Dovizioso Tercepat, Kedua Marquez, Rossi?

BAGIKAN