nhk

Jelang FP3-FP4-Q2 MotoGP Catalunya 2018: Rossi, Vinales Dan Dovizioso Buka Kardus 4 Mesin

Konsumesi mesin pabrikan sampai ronde 7

ManiakMotor – Jatah mesin buat motor MotoGP adalah 7 mesin. Buat yang konsesi seperti Suzuki, Aprilia dan KTM adalah 9 mesin. Khusus yang 7 mesin mereka yang kuat bila dibagi dengan 19 seri, satu mesin dipakai 2.7 seri. Nggak mungkin ada mesin 2.7, hehe. Berarti ada sekitar 3 mesin yang dipakai untuk 3 seri. Empat mesin lainnya buat dua seri.

Sampai di MotoGP Catalunya, Spanyol 15 – 17 Juni, beberapa nama besar sudah menggunakan 4 mesin. Dua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick masuk di dalamnya. Juga Andrea Dovizioso terpaksa menganggurkan satu mesin karena klep dan pistonnya tabrakan di Mugello, maka dia harus buka kardus di FP2 Mugello.

Penggunaan mesin untuk tim satelit

Lawan berat Yamaha dan Ducati Dovi, Marc Marquez baru menggunakan 3 mesin masuk ke ronde 7 ini. Pertahanan Honda pada mesin masih kuat mengingat masih ada 12 seri ke depan usai Catalunya. Mesin ketiga ini, kardusnya dibuka pas Mugello kemarin.

Paling sedikit menggunakan mesin adalah  Tom Lüthi (EG 0,0 Marc VDS). Dia baru menggunakan dua engine. Bisa saja ngirit, karena diberitakan tim ini sedang berselisih antar para donaturnya. Katanya salah satunya urusan finansial.

Tapi itu tadi, hitungan pembagian yang menentukan strategi mesin. Bisa saja 7 mesin dipakai dalam 7 seri berurutan, toh kan ada bisa digunakan sampai 3 seri. Ada juga mesin yang khusus sesi-sesi latihan dan lomba yang sudah buka tadi. Rata-rata jam terbangnya 600 km. Tentu saja pabrik mesin tidak gegabah hanya membatasi pada jarak tersebut, ada spare jaraknya bisa dimelar? MM

BAGIKAN