nhk

Jelang FP3, FP4 & Q2 MotoGP Catalunya 2019: Strategi Marquez, Ergonomik Lorenzo Mulai Dapat

ManiakMotor – Marc Marquez (Repsol Honda Team) mengingatkan, catatannya di FP2 MotoGP di sirkuit Catalunya, Spanyol pada Jumat 14 Juni 2019 bukan gambaran sebenarnya. Karena dia menerapkan strategi yang berbeda pada ban. Sedang Jorge Lorenzo menggunakan beberapa ergonomik baru hasil dari kunjungannya ke Jepang.

Marquez di FP1 tercepat dengan menggunakan ban lunak. Padahal itu bukan kebiasaannya. Malah di FP2 dia tidak menggunakan ban tersebut dan dirinya berada di posisi 17, “Memang ada strategi berbeda dari ban. Itu semata untuk fokus setelan balapan,” papar Marquez yang sedang memimpin klasemen.

Pembalap Spanyol 26 tahun itu, tahu betul di FP2 jauh dari hasil. “Kami coba banyak variasi pasangan ban. Ban depan dan belakang selalu berbeda di FP2. Juga ada set-up baru yang ikut dicoba. Hasilnya tidak mencerminkan posisi kami yang sebenarnya,” kata bintang Repsol Honda tersebut yang dari kombinasi dengan FP1 dia berada di posisi 9.

Dalam dua tahun terakhir, Marquez harus terrima kenyataan dikalahkan pembalap Ducati. Pada 2017 kalah dari Anrea Dovizioso dan 2018 dari Lorenzo. “Tahu betul Ducati sangat kuat dan cepat di sini. Dan mereka harus dikalahkan, walau pun sulit kami sedang usahakan. Yamaha juga kelihatannya juga dekat dengan mereka,” tambah Marquez yang akan kembali pada setelan khas mereka pada Sabtu dalam rangka FP3. 

Sementara, teman setimnya, Lorenzo mengaku sudah agak mendingan setelah menerapkan beberapa ergonomik baru. Yang baru tersebut dari hasil kunjungannya ke HRC Jepang. Katanya dia bisa lebih agresif dan tak memaksakan cara bawa pada hal-hal tertentu.

“Jika Anda melihat posisi saya P13 di FP2, pasti dikira komponen baru ini tidak banyak membantu. Ya memang bukan prestasi besar, bukan hal yang akan membawa ke kemenangan atau podium. Namun detail itu yang bikin lebih dekat dengan pembalap tercepat. Saya membaik hari ini, saya sedikit lebih agresif daripada kemarin-kemarin,” jelas Lorenzo.

Lorenzo juga menjelaskan soal ban yang ia gunakan di sesi akhir FP2. Dia tidak pakai lunak, tapi medium. “Dengan ban soft mungkin saya berhasil masuk sepuluh besar. Tapi sekarang kami memiliki stok ban lebih lunak untuk Sabtu pagi daripada lawan,” tambah Lorenzo yang tahun lalu menang di Catalunya dengan Ducati.

Ya lihat saja di FP3 sebentar lagi atau pukul 14.50 WIB. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya 2019 Moto2 dan Moto3

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Jelang FP3 & Q2 MotoGP Catalunya 2019: Rossi Senang, Langsung 10 Besar

Jelang FP3 & Q2 MotoGP Catalunya 2019: Ducati Dovizioso Langsung Mantap, Petrucci Juga Aman

Jelang FP3 & Q2 MotoGP Catalunya 2019: Quartararo Masih Menahan Sakit Bekas Operasi

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353