nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Jerez 2018: Marquez, Jatuh Berarti Makin Cerdas

ManiakMotor – Marc Marquez terjauh di sesi akhir FP2 pada Jumat 4 Mei 2018. Saat itu dia sedang mengejar catatan waktu yang tadinya kedudukannya tercepat dirontokan Cal Crutchlow, Dani Pedrosa dan JohannZarco.

Namun, omongan Marquez pada jatuhnya ini, mengagetkan. Jatuh katanya, berarti semakin tahu kelemahan dia dan motornya, “Saya menggunakan ban yang sangat bekas. Tetapi dengan jatuh itu, apa yang bisa dilakukan pada saat lomba,” terang Marquez yang akhirnya hanya ke-5 di FP2.

Memang jatuh itu ilmu yang tak pernah diajari oleh guru balap di mana pun. Dengan jatuh, buat pembalap, dia akan tahu kelemahan motor bersama kelemahan dirinya. Tentu dikemudian hari akan diperbaiki lebih baik lagi dan tidak melakukan hal sama.

Marquez mengakui, dia jatuh karena ban yang sudah botak, ditambah perilakukanya yang gas terus. Di saat sama, dia menekan rem terlalu banyak saat menikung, “Itulah yang membuat saya jatuh,” tambah Marquez.

Soal motor katanya sudah sangat oke. Dia bisa menjalankan kecepatan sesuai tuntutan. Pada akhirnya, dengan jatuh itu, Marquez berjanji akan membuat terobosan lebih kencang lagi di sesi FP3 atau khususnya kualifikasi. Miolo

 

BAGIKAN