nhk

Jelang FP3-FP4-Q2 MotoGP Misano 2018: Marquez Masih Test, Data Teman Nggak Cocok

ManiakMotor – FP1 pada Jumat 7 Sepetember 2018 kemarin di sirkuit Misano, San marino, hanya digunakan oleh Marc Marquez sebagai test. Alasannya untuk mengimbangi Ducati dan Yamaha yang sudah testing duluan tiga minggu lalu di Misano. Dia sendiri nggak ikutan test tersebut. Juga sesuai prediksinya di sesi awal pasti dia akan kalah dengan yang sudah pada testing di Misano.

Karena itu, sepanjang FP1 dia hanya menggunakan satu set ban. Digeber terus tuh ban untuk mendeteksi kinerja motornya. Terutama penggunaan swing arm karbon, “Sebenarnya saya menggunakan data test dari Cal Crutchlow, ternyata saya kurang suka. Harus pakai data sendiri dan dikembangkan dengan satu set ban tersebut, agar datanya valid,” papar Marquez yang di FP1 ke-13.

Menurut Marquez satu set ban ini digunakan terus di FP1 untuk mendeteksi lengan ayun karbon. Biasanya yang karbon awal-awal pakai ban baru, gripnya bagus. Tapi kelemahannya semakin banyak lap, grip ikut berkurang dibanding yang aluminium yang lebih stabil pada grip. Tapi Marquez janji akan pakai karbon di Misano.

Sebenarnya sih, di akhir sesi FP1 dia ingin meningkatkan time, tapi nggak keburu ganti ban dibanding yang lain, “Tapi untung nggak hujan FP2 dan motor semakin menyesuaikan. Saya bisa ke-5. Motor saya nggak masalah dengan grip dibanding yang lain,” papar Marquez yang lagi memimpin klasemen unggul 59 point dari posisi kedua ditempati Valentino Rossi.

Secara umum, penyusunan set-up berjalan sesuai target yang diinginkan Marquez. Dia tinggal mengembangkan pada hari kedua Sabtu 8 September 2018 ini. MM

BAGIKAN