nhk

Jelang FP3, FP4 & Q2 MotoGP Mugello 2019: Bagnaia Lebih Cepat Lagi Pakai Ducati Tua

ManiakMotor – Hari pertama anak-anak Italia dan terutama para pengebut Ducati nyaris dipermalukan rookie Fabio Quartararo dengan M1 satelit. Untung ada rookie tuan rumah yang juga pegang Ducati satelit yang lebih tua, melaju fantastis di sirkuit Mugello, Italia pada 31 Mei 2019.

Itulah Francesco Bagnaia yang muridnya joki legendaris Valentino Rossi. Sampai seguru-gurunya nggak berkutik dengan dirinya di kampung sendiri, “Senang bangat bisa membawa Ducati melaju cepat. Karena dua balapan terakhir sangat sulit diajak kencang  dan bahkan nggak finish. Saya masih harus mendalami Ducati dengan banyak lap,” mulai Bagnaia dengan wajah ceria.

Katanya, sampai di Mugello ada feeling yang berbeda. Sejak awal Ducati bekas tahun lalu itu, suidah enak dikebut FP1. Bahkan katanya, di latihan bebas pertama tersebut dia menggunakan ban bekas. Maksudnya ban yang telah terpakai banyak lap, ya memang ban  bekas pakai, sudah membuatnya merasa kencang. Di FP1 tersebut Bagnaia ke-17, namun selisih dengan yang tercepat 0.974 detik.

Bagnaia yang juara Moto2 tahun lalu tersebut juga mengakui timnya berhasil meracik motornya sesuai karakter Mugello. “Saat cari waktu cepat di akhir sesi FP2 sangat positif.  Selain itu, langkah dengan ban medium membuat saya kuat. Setelan motor harus dilanjutkan pada hari kedua. Kami telah menemukan sesuatu pada set-up yang saya suka,” tambah Bagnaia yang timnya Pramac Ducati tampil Mugello dengan mengubah tampilan jadi kuning-hitam.

Namun murid kesayang Rossi ini nggak menampik pada Sabtu ini banyak pembalap yang juga akan meningkat kecepatannya. Bahkan catatan waktunya 1’46.732 membuatnya tercepat hari pertama bukan jaminan langsung melenggang ke Q2. Itu kalau FP3 dalam keadaan normal alias kering. Kalau basah, ya itu untungnya Bagnaia sudah kebut habis di FP2.

Itu artinya juga Bagnaia masih bisa lebih cepat dari catatannya di FP2. Alasannya, racing line sirkuit semakin bersih. Grip ban juga bertambah dengan banyaknya senyawa kompon pada lintasan bekas dari peserta. Tunggu saja, Bagnaia bisa membela harga diri tuan rumah dan Ducati. Terutama juga membela harga diri gurunya yang sementara hanya ke-18.

Jauh… Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Mugello 2019 Moto2 Dan Moto3 31 Mei – 2 Juni 2019

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

BAGIKAN