nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Prancis 2018: Di Le Mans M1 Rossi Andalkan Mekanis Ketimbang Elektronik

ManiakMotor – Persis terawang portal ini, di sirkuit Le Mans, Prancis, elektronik Yamaha YZR-M1 bukan jadi andalan. Dan menurut Valentino Rossi memang mekanikal M1 sangat baik. Buktinya di Le Mans dengan suhu rendah dengan grip yang banyak, M1-nya bekerja dengan baik pula.

Paling tidak, itu ditunjukan Rossi pada dua FP Jumat (18/5-2018) doski sejak ‘provokatif’  di papan atas. Jauh berbeda dengan di Jerez, “Ini trek aneh yang putaran lap sebentar atau pendek. Juga menikungnya singkat-singkat, tapi aspalnya kaya akan grip. Dua karakteristik ini bila digabungkan, elektronik menjadi kurang penting,” papar Rossi yang kelihatan sumringah.

Dari kombinasi hari pertama, The Doctor ketiga. Dia hanya terpaut 0.243 detik dari yang tercepat. Padahal yang tercepat pecahin rekor Le Mans. “Ini juga itu menunjukkan M1 2018 secara mekanis bekerja dengan semestinya,” kata Rossi yang dalam ceritanya dia tak kelirut fokus pada perbaikan elektronik.

Rossi sendiri heran. Mestinya trek Le Mans yang bertipe stop and go bukan milik Yamaha. Tapi bertahun-tahun Yamaha bisa unjuk kekuatan di situ. Makin heran dengan motor yang sama di Jerez sama sekali tak berkutik, tapi di Le Mans bekerja dengan efisien. Sekali lagi ya, itu motor yang sama.

“Jadi saya rasa itu gabungan antara motor, ban, dan lintasan. Paduan ini yang membuat  pembalap jadi percaya diri,” papar Rossi yang mengaku tinggal perbaiki sikit-sikit kecepatan motornya di Le Mans menghadapi FP3, FP4 dan kualifikasi pada Sabtu 19 Mei 2018 ini. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Hasil MotoGP LeMans Prancis 18 – 20 Mei 2018 Moto2 Dan Moto3

Jelang FP3 MotoGP Le Mans 2018: Dovizioso Demonstrasi Catatan Waktu Dengan Kontrak 2020

FP2 MotoGP Prancis 2018: Best Lap Dipecahin Dovizioso, Ke-2 Marquez, Rossi 3

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353