nhk

Jelang FP3, FP4, Q2 MotoGP Sachsenring 2018: Ducati Bisa Memutus Juara Honda-Marquez Di Jerman..!

ManiakMotor – Bila Ducati menang di sirkuit Sachsenring, Jerman pada Ahad 15 Juli 2018 nanti, motor ini serba bisa. Bukan lagi dikenal mesin putaran atas untuk trek lurus dan sirkuit lebar, pun di gigi-gigi rendah mengandalkan momen puntir awal juga ada pada Ducati. Macam di trek sempit, pendek dan tikungan saling berdekatan yang jadi ciri Sachsenring. Inilah sirkuit paling ‘mini’ dalam kalender MotoGP, dikenal sirkuit stop and go yang 7 tahun belakangan milik Honda.

Kemenangan itu boleh dicapai Ducati. Empat pelaganya ada dilima besar pada hari pertama, terutama FP2. Paling cepat Jorge Lorenzo, satu-satunya pembalap di hari pertama yang bisa di bawah 1:21, tepatnya 1’20.885. Di belakang Lorenzo ada Danilo Petrucci yang selisih 0.257 detik. Lalu keempat Andrea Dovizioso. Tahu sendiri si Dovi, di sesi latihan tak banyak mengumbar nafsu.

Menurut Lorenzo, sangat jauh perkembangan GP18 dibanding tahun lalu di sirkuit sama. Baginya podium sudah sangat dekati, “Dan bukan tak mungkin untuk menang. Kami tahu Marc (Marquez) sangat cepat di sini. Dia juga masih menggunakan ban bekas di FP2. Jadi mari dilihat hari ini atau Sabtu. Akan tetapi, GP18 jauh lebih baik dari tahun lalu,” sebut Lorenzo yang setujui Petrucci dan Dovizioso.

Ducati yang dikenal lambat membongkar putaran mesin ke menengah, tapi faktanya berpesta di Sachsenring hari pertama, sirkuit yang sebelumnya bukan untuk Ducati. Semua sektor yang mengandalkan kelincahan torsi mesin dan bodi motor, mereka kuasai. Kecuali sektor tiga yang masih dipegang Honda, selebihnya tiga pembalap Ducati berurutan tercepat.

Di bawah komando teknis Gigi Dall’Igna, ciri Ducati yang tadinya hanya enak di trek lebar dan trek lurus, berubah total. Di sirkuit kecil, pendek dan sempit yang syarat tikungan pun, nih motor sudah bisa dihitung.

“Akselerasi yang kuat dan stabilitas pengereman meningkat pada GP18. Kami langsung dapat setelan dasar motor. Tinggal berpikir dan mencari setelan motor, agar konsumsi ban saat balap lebih menjamin. Intinya Ducati lebih kuat dari tahun lalu,” timpal Dovizioso yang diangguki Petrucci juga. Miolo

BACA JUGA

Rossi Ke-17 Di Hari Pertama MotoGP Sachsenring 2018, Makin Jelas Harus Diatasi Yamaha

Marquez Pun Kaget Akan Kinerja Ducati Di Sachsenring, Tapi Dia Masih Pakai Ban Bekas

Hasil MotoGP Jerman Sachsenring 13 – 15 Juli 2018 Moto2 Dan Moto3

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

FP2 MotoGP Sachsenring 2018: Lorenzo Tercepat, Petrucci Ke-2, Rossi Jauh Ke-17

FP1 MotoGP Jerman 2018: Suzuki Kuat Sesuai Janji, Iannone Tercepat, Marquez Ke-2, Hati-Hati Dengan Rossi

BAGIKAN