nhk

Jelang FP3, FP4 & Q2 MotoGP Sachsenring 2019: Rossi Dipanggil Race Director, Dilaporkan Vinales

ManiakMotor – Usai menjalani FP2 MotoGP di sirkuit Sachsenring, Jerman pada Jumat 5 Juli 2019, beberapa pembalap dipanggil Race Director. Salah satu yang termasuk dipanggil adalah Valentino Rossi. Mereka diintrogasi menghalangi pembalap yang sedang kencang untuk ambil waktu.

Ternyata yang melaporkan Rossi cs adalah Maverick Vinales yang teman setimnya di Yamaha dan Jack Miller (Pramac Ducati). Mereka dituduh saat dua FP pada Jumat kadang memelankan motor dan menghalangi yang sedang melaju kencang. “Maaf ya, saya nggak punya maksud begitu. Ingat sirkuit Sachsenring adalah lintasan pendek dan sempit. Mudah ketemu dengan pembalap lain. Saya pelankan motor lantaran ada juga yang lebih pelan di depan saya,” bela Rossi sembari bilang saat memelankan motor dia di jalur yang aman alias yang lagi kencang, silakan.

Ya saat dipanggil petugas FIM tersebut, Rossi hanya diperingatkan tapi dia membatah menghalangi. Makanya dia lebih senang cerita target pada sesi berikutnya, ketimbang cerita halang-menghalangi, lantaran persoalan itu sulit dihindari di Sachsenring. Rossi dari kombinasi dua FP pada Jumat pada posisi yang riskan, yakni ke-10. Posisi yang mudah digeser untuk langsung ke Q2 ketika FP3 berjalan normal.

Rossi di FP1 sempat ketiga, namun di FP2 berjuang ‘habis-habisan’ jadinya ke-10 tadi, “Cukup positif di FP1, kecepatan dengan ban balap sangat baik. Saya rukun dengan motor di sini. Sayangnya di FP2 tidak meningkat tajam seperti harapan menggunakan ban lunak baru. Posisi P10 jadi riskan kalau FP3 berjalan normal,” tambah Rossi soal perebutan langsung ke-Q2.

Rossi agak curiga pada kompon lembut Michelin. Katanya jauh lebih lembut dari kompon  tahun lalu. “Di trek ini banyak tikungan kiri, ini trek khusus. Butuh dukungan ban yang stabil di sisi kiri. Ban lembut yang baru sekarang memang gripnya mantap, hanya saja di beberapa tikungan banyak spin sehingga cepat panas. Itu kurang maksimal untuk dipakai mengambil catatan waktu,” cerita Rossi yang mengakui ada sesuatu dari Assen kemarin yang ia andalkan di Jerman dan memang asyik.

Menurutnya, semua set-up dasar diubah sesuai perkembangan. Terutama sejak jatuh di Mugello, “Sekarang M1 terasa seperti motor sendiri. Bisa diperlakukan sesuai keinginan menendara. Feeling lebih baik ketika mendorongnya lebih laju. Tentu pada sesi selanjutnya  harus disesuaikan dengan set-up yang berkembang di sirkuit,” pungkas Rossi.

Sementara, rekan setimnya Vinales sudah nggak menjawab laporannya ke Race Director. Dia lebih suka bicara kemampuan motornya yang dikombinasi FP1 dan FP2 ke-4. “Lintasan tidak memiliki level grip yang semestinya. Tapi nanti akan bertambah pegangannya semakin dilintasi peserta. Intinya saya jauh lebih kompetitif di Sachsenring ini ketimbang tahun lalu,” sebut Vinales yang ketiga di Jerman tahun lalu.

Ok deh. Buktikan. Miolo

BACA JUGA

Jelang Race MotoGP Jerman 2019: Sasis Adonan Karbon Marquez Lebih Cepat

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman 5 – 7 Juli 2019 Moto2 dan Moto3

Jelang FP3-FP4-Q2 MotoGP Sachsenring 2019: 4 Merek Tercepat Ada Setiap Sektor, Marquez Hanya Satu

FP2 MotoGP Sachsenring 2019: Marquez Tercepat, Eh Quartararo Marah-Marah..!

FP1 MotoGP Sachsenring 2019: Quartararo Tercepat Kalahkan Marquez Dan Rossi 3

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353