nhk

Jelang FP3, FP4 & Q2 MotoGP Silverstone 2019: Rossi-Quartararo Bicara Track Limits, Harus Jelas..!

ManiakMotor – FP2 MotoGP Silverstone, Inggris pada Jumat (23/8-2019) Silverstone, ada empat pembalap yang dianggap melintas di track limits. Termasuk Valentino Rossi dan Fabio Quartararo. Awalnya keduanya terlempar dari luar 10 besar, Quartararo ke-11 dan Rossi ke-17. Tapi tiba-tiba catatan mereka di akhir sesi FP2 dipulihkan dan hasilnya Quartararo tercepat dan Rossi keempat.

Rossi sendiri mengaku nggak masalah kalau memang kena track limits. Itu loh cat hijau di luar garis putih sebagai pembatas line, “Cuma mereka (Race Direction) setelah melihat tayangan ulang, ternyata saya tidak melanggar track limits. Ban belakang motor tidak semuanya menginjak track limits. Jadi, hak saya untuk P4 dikembalikan,” papar Rossi sembari memuji aspal Silverstone yang katanya sangat sempurna dengan semua catatan waktu pembalap lebih tajam.

The Doctor mengakui saat itu dia sedang push habis dan masih mengerti garis putih untuk pembatas lintasan. Maksudnya, dia sudah melakukannya dengan terukur. Makanya, dia meminta pada Race Direction untuk menentukan cat track limits lebih tepat sesuai luncuran motor. Jangan seolah dan tiba-tiba catnya seperti menjebak titik luncur motor dan itu sulit dihindari, gitu loh.

Hasilnya Rossi dapat  1’59.937 yang awalnya nggak sempat muncul di catatan waktu. “Itu lap baik. Saya benar-benar berada pada limit menikung di garis putih. Entah bagaimana bisa melintas di track limits, saya merasa motor mengarah sesuai luncurannya,” tambah Rossi sembari bilang apa pun hasilnya lintasan Silverstone yang baru untuk saat ini sikit menguntungkan Yamaha dengan posisi 1, 3 dan 4. Tapi ini katanya baru hari pertama, masih ada Sabtu dan terutama Minggu saat balapan.

Quartararo yang awalnya senasib dengan Rossi dianggap menginjak track limits sangat mendukung omongan Rossi. Quartararo yang mencetak 1’59.225 awalnya time ini tidak dimunculkan. Tapi belakangan dipulihkan kembali karena dianggap tidak sengaja menginjak track limits. Hasilnya, itu sekaligus rekor Silverstone yang sangat tajam. Catatan itu meninggalkan Marc Marquez 0.251 detik yang awalnya dianggap tercepat. Sekadar catatan saja, rekor sebelumnya di Silverstone adalah 1’59.941 atas nama Marquez yang dibuatnya 2017.

“Bagi saya itu oke. Silakan dikenai track limits. Tetapi besok mereka perlu mengatur tikungan untuk track limits. Sangat sulit untuk menghindari track limits dengan letaknya seperti saat ini. Cat hijau tersebut seperti menjebak, karena masih di area luncuran motor ketika menikung,” dukung Quartararo yang awalnya bersungut-sungut, tapi saat catatan waktunya dikembalikan dia jadi tersenyum. M11

BACA JUGA

FP3 MotoGP Silverstone 2019: Rossi Dan Quartararo Tercepat, Marquez Ke-3

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris 23 – 25 Agustus 2019 Moto2 Dan Moto3

FP2 MotoGP Silverstone 2019: Kacau..! Track Limits Dibatalkan, Quartararo Jadi Tercepat dan Rossi Ke-4

FP2 MotoGP Silverstone 2019: Marquez Rekor Cepat, Rossi Kena Track Limits, Quartararo Salah Ngerem

FP1 MotoGP Silverstone 2019: Rekor Hampir Pecah Dari M1 Quartararo, Aspal Asyik Dong..!