nhk

Jelang FP3-Q2 MotoGP Aragon 2018: Suhu Aspal Naik, Rossi Menderita (Lagi), Vinales Juga..!

ManiakMotor – Suhu aspal sirkuit Aragon, Spanyol pada Jumat (21/9) pada FP2 berkisar 43ºC. Panas segitu sudah siksaan buat grip ban Yamaha. Elektronik yang memandu akselerasi akan linglung membacanya. Pendeknya derita yang berkepanjangan buat M1 Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Karena itu di FP2, Rossi hanya ke-9 terpaut 1.119 detik dari yang tercepat dipegang Marc Marquez dengan Hondanya.  “Sore seiring naiknya suhu lintasan, kami semakin menderita. Memang semua pembalap merasakan dengan naiknya suhu, tapi kami lebih merasakannya lagi,” papar Rossi yang terlihat pasrah.

Menurut Rossi, dia lebih baik bermain pagi seperti FP1 atau pada Sabtu (22/9) di FP3. Makanya dia becanda akan menghadap panitia yang mengatur race, balapannya pada Minggu diadakan pagi saja, hehe. Sebab, kalau siang dengan suhu yang naik tajam, doski nggak bisa berbuat banyak sesuai keluhannya pada M1 saat ini, kurang grip dan elektroniknya jadi ngaco.

Namanya sudah dikontrak dan balapan profesional, Rossi akan terus bekerja memperbaiki setingan YZR-M1. Maksudnya meminimalkan kendala panas, agar motornya masih bersahabat dengan lintasan. Siapa tahu ada mujizat, tiba-tiba M1 akan bersahabat dengan suhu lintasan yang naik di Aragon.

Rupanya itu disanksikan Rossi. Historisnya sejak 2010 Aragon dipakai buat MotoGP, Rossi belum pernah juara di situ, “Harus berkonsentrasi bekerja pada semua bidang dan lebih detil menaikan performa motor. Berusaha menjadikan motor sebaik mungkin. Yang saya syukuri saat ini sampai FP2, masih di 10 besar dan itu harus dipertahankan di FP3,” tambah Rossi dan jangan lupa berdoa.

Mirip-miriplah yang disuarakan Maverick Vinales. Bahkan dia bilang, usai trek lurus saat pengereman, motornya sulit berhenti, “Kalau sudah begitu, masuk tikungan juga akan sulit. Saya nggak ngerti, kenapa ini terjadi?” heran Vinales yang diharapkan memanfaatkan kelebihannya sebagai tuan rumah. Vinales ini di FP2 hanya ke-10. MM

BACA JUGA

FP3 MotoGP Aragon 2018: Cruthclow Tercepat, Rossi Ke-18 Dan Jatuh Pula

Hasil MotoGP Aragon 21 – 23 September 2018 Moto2 Dan Moto3

Jelang FP3-FP4-Q2 MotoGP Aragon 2018: Lorenzo Target Pecahin Rekor, Dovi Pada Ban

Jelang FP3-FP4 MotoGP Aragon 2018: Marquez Tantang Ducati, Heran Pada Yamaha