nhk

Jelang FP3/Q2 MotoGP Assen 2018: Inovasi Sasis Tambalan Karbon Ducati… Gagal Fokus Pada Lasnya

Bukan las-lasan itu yang istimewa, tapi karbon penguatnya

ManiakMotor – Inspirasinya dari sasis yang diubah-ubah dari Ducati Jorge Lorenzo. Kalau yang di tangan Lorenzo sudah ada faktanya berhasil dari Mugello dan Catalunya. Tapi buat Lorenzo sudah berlanjut ke tangki bahan bakar yang membuatnya nyaman.

Mirip-mirip dengan GP18 Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, walau buat keduanya disesuaikan karakter masing-masing. Sasis inovasi mereka terlihat di sirkuit Assen, Belanda saat FP1 dan FP2 pada Jumat 29 Juni 2018, “Ini bukan sasis baru. Tapi versi modifikasi,” kata Petrucci yang belum bisa membedakan dengan sasis tambalan ini dengan sebelumnya. Petrucci di hari pertama tercepat ketiga.

Untuk itu jangan gagal fokus pada sasis aluminium yang menggunakan las-lasan titik. Justru kreasinya dengan tambalan karbon. Artinya para insinyur Ducati menggabungkan dua unsur pada sasis tersebut. Yakni karbon dan almu. Tentu bukan sekadar ergonomik, tapi kekauan sasis (rigid) secara menyeluruh pada Ducati. Karena karbon melapisi bagian bawah sasis aluminium.

Petrucci memang jujur belum tahu kegunaan sasis kawinan tersebut. Karena dia mengaku, para penemunya belum memberi tahu pada dirinya fungsi yang sebenarnya. Petrucci juga baru empat lap menggunakan sasis tersebut dan selebihnya dia menggunakan sasis sebelumnya di FP1 dan FP2. Dia janji akan terus mencari keunggulannya pada Sabtu 30 Juni ini.

Maka berbeda dengan pandangan Dovizioso yang memuji GP18 sasisnya dipekuat oleh karbon. Katanya, GP18 reaksinya lebih bagus, “Motor juga lebih diam walau tak menghilangkan kelincahannya. Tapi saya belum banyak menggunakannya di hari pertama, sekadar mencoba,” singkat Dovi yang akan kembali menggunakannya di FP3 pada Sabtu ini.  MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda 29 Juni – 1 Juli 2018 Moto2 Dan Moto3

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Assen 2018: Tumben Rossi Puji M1-nya Dan Ban, Diperkuat Vinales..!

FP2 MotoGP Assen 2018: Vinales On Fire, Iannone Ke-2, Rossi Ke-4

BAGIKAN