nhk

Jelang FP3 & Q2 MotoGP Assen 2019: Marquez Soal Jatuhnya Lorenzo, Honda Bukan Motor Enak

ManiakMotor – Honda boleh saja motor kencang. Apalagi milik tim pabrikan yang terkenal elit di MotoGP. “Tapi Honda bukan motor yang mudah untuk ngebut. Buktinya saya juga jatuh berkali-kali dengan RC213V,” papar Marquez menanggapi cideranya Jorge Lorenzo, teman setimnya saat jatuh keras di FP1 di sirkuit Assen, Belanda pada Jumat 28 Juni 2019 dalam rangka ronde ke-8 MotoGP 2019.

Omongan Marquez tentu menyimpulkan usaha Lorenzo sejak masuk Honda untuk beradaptasi. Lorenzo jatuh bangun untuk mendapatkan setelan maksimal pada tunggangan barunya tersebut. Pokoknya sudah banyak Lorenzo jatuh deh. Bahkan balapan di Catalunya lalu mengajak tiga lawannya jatuh bersama. Belum lagi saat tes di Catalunya juga, jatuh pula di situ.

“Sepertinya dia (Lorenzo)  berjuang menambah kecepatan. Tapi setiap dia melakukan itu, jatuh. Sekarang dia cidera lagi. Sulit memahami secara pasti. Bagaimanapun, Honda berusaha untuk membantu Jorge. Tapi itu tandanya, Honda tidak memiliki motor termudah di grid,” tambah Marquez yang bukan berarti hanya dia yang mampu mengatasi Honda, tapi faktanya dia awal-awal dengan Honda juga pencatat rekor paling banyak jatuh.

Marquez di hari pertama MotoGP Assen berada di posisi ke-7 yang catatannya diambil dari  FP2. Catatannya adalah 1 memnit 33,413 detik atai lebih lambat 0,775s detik dari yang tercepat diduduki Maverick Viñales (Yamaha). “Hari pertama lebih fokus pada kecepatan balapan sembari memperhatikan komposisi ban. Targetnya stabil di klasemen,” kata Marquez yang saat ini sedang memimpin klasemen.

Menurut Marquez situasi kecepatan pembalap mirip dengan MotoGP Catalunya. Katanya ada empat sampai lima pembalap yang cepat. Tapi pada akhirnya dia yang juara. Marquez setuju lawan-lawannya Yamaha dan Suzuki punya kecepatan sangat baik di tikungan cepat Assen. Tapi timnya ada metode baru untuk melawan musuh. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

Hasil MotoGP Assen, Belanda 2019 Moto2 dan Moto3

MotoGP Assen 2019: ‘Doa Lawan Terkabul’, Lorenzo Absen Balap di Assen dan Sachsenring

FP2 MotoGP Assen 2019: Tercepat Vinales, Lorenzo Nggak Ikut, Dia Ke Rumah Sakit

BAGIKAN