nhk

Jelang FP3/Q2 MotoGP Brno 2018: M1 Rossi Slide-nya Masih Banyak, Lagi Disetel

ManiakMotor – Namanya free practice (FP) atau latihan bebas. Itu sesi untuk melatih motor (set-up) dan pembalap. Dicari sampai dapat kelemahan motor, agar dapat sesuai dengan sirkuit dan pengendaranya. Macam FP1 dan FP2 MotoGP di sirkuit Brno, Ceko pada Jumat kemarin.

Di sana Valentino Rossi mengaku belum sepenuhnya menuntaskan setelan motornya. Di saat sama suhu lintasan Brno meningkat tajam, “Jadi ban ikut meningkat suhunya. Slide masih banyak, terutama setelah melakukan beberapa putaran. Ini harus ditanggulangi pada sesi selanjutnya,” kata Rossi yang dari kombinasi FP1 dan FP2 berada di posisi ke-7 yang katanya itu sudah lumayan.

Slide sih tetap diharapkan oleh semua pembalap untuk mempercepat arah motor di tikungan. Zaman dulu slide ini semacam rear wheel seteering.  Tapi slide Rossi ini terlalu berlebihan di sirkuit sepanjang 5.4 km tersebut, akibat kompon yang kepanasan. Slidenya malah merugikan untuk ban itu sendiri. Tentu juga menjadi kelamaan di area tikungan. Kalau buat penonton sih enak dilihat.

Gejala itu muncul ketika Rossi menggunakan ban medium dan soft. Munculnya ketika beberapa putaran dilakukan Rossi, “Itu akibat degradasi ban belakang sangat tinggi di Brno. Juga dipengaruhi suhu lintasan yang meningkat. Nah ini jadi fokus pada sesi selanjutnya. Garis besarnya semua baik-baik saja, tinggal butuh peningkatan,” pungkas Rossi.

Sedang rekan setimnya di Movistar Yamaha, Maverick Vinales, tak banyak mengeluh. Katanya posisi ke-6 sudah cukup, “Saya malah merasa nyaman. Tinggal mengerjakan kekurangan kecil dan sudah tahu arah perbaikannya,” kata Vinales dengan senyum kecilnya.

Namanya juga sesi latihan bebas. Miolo

BACA JUGA

Hasil Lengkap MotoGP Brno 2018, Moto2 Dan Moto3

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang FP3-FP4-Q2 MotoGP Ceko 2018: Pedrosa Bangkit, Marquez Tetap Menyerang

FP2 MotoGP Brno 2018: Pedrosa Tercepat, Hafizh Syahrin Ke-4 Terbaik Dari Yamaha

FP1 MotoGP Brno 2018: Zarco Tercepat, Kedua Dovi, Tiga Marquez