nhk

Jelang FP3-Q2 MotoGP Thailand 2018: Rossi Sikit Kompetitif, Vinales Masih Jumat, Winglet 2 Susun

ManiakMotor – Dua pembalap Yamaha Movistar MotoGP pada FP1 berada 1-2 di sirkuit Buriram, Thailand. Pasti keduanya senanglah dibanding seri sebelumnya di Aragon sejak sesi awal meringis. Jumat sore (5/10-2018) pada FP2, Maverick Vinales kedua dan Valentino Rossi ke-9 namun silisihnya hanya 0.308 detik dari yang tercepat. Tipis!

Rossi pun angkat cerita. Katanya bukan persoalan motornya yang menggunakan winglet dua susun. Tapi memang kompetitif di FP1 yang menurutnya jauh dari perkiraannya di atas kertas, “Saya dan Maverick cukup kuat pada FP1. Di sesi pagi itu juga tertolong banyak pembalap yang tidak menggunakan ban baru di akhir sesi,” kata Rossi merendah dan bicara winglet yang dua susun masih akan dicoba lagi pada sesi selanjutnya.

Winglet Rossi yang dua susun

Tetapi dia yakin ada kemajuan dengan bukti Vinales kembali bagus di posisi kedua FP2. Lalu dia  sendiri ke-9, namun berselisih sedikit dengan yang tercepat, “Sebenarnya saya juga di akhir sesi FP2 masih melakukan kesalahan. Makanya tetap harus konsentrasi untuk sesi selanjutnya pada beberapa poin, terutama memahami ban belakang tipe mana yang harus digunakan dalam race. Sepertinya kami bisa sedikit lebih kompetitif,” tambah Rossi yang menegaskan sikit kompetitif. Ada kata sidikit di situ.

Beda lagi dengan Vinales yang merasa kecepatannya belum jadi jaminan, sebab FP1 dan FP2 baru hari pertama. Masih banyak yang akan meningkat di sesi-sesi selanjutnya, walau dia yakin perubahan pada M1-nya karena modifikasi beberapa area. Makanya dia bisa menggunakan ban keras di FP2 dan kedua.

Vinales percaya feelingnya dengan M1 jauh lebih enak ketimbang Aragon. Katanya, dia permak set-M1-nya sesuai caranya dan kebutuhan menggebernya, “Tampaknya modifikasi itu berfungsi di sirkuit Buriram, makanya bisa pakai ban hard. Ini benar-benar berbeda dari pada tes di Thailand pra-musim lalu. Mari kita lihat apa lagi peluang yang bisa dilakukan pada sesi selanjutnya,” papar Vinales yang hanya selisih 0.031 detik dari yang tercepat. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Thailand 5-7 Oktober 2018 Moto2 dan Moto3

Jelang FP3-FP4-Q2 MotoGP Thailand 2018: Dovizioso Grip Rendah Tapi Garang, Mesin Lorenzo Macet

FP2 MotoGP Thailand 2018: Dovizioso Tercepat Disusul Vinales

FP2 MotoGP Thailand 2018: Ducati GP18 Lorenzo Terbelah, Dia Tambah Kesakitan