Jelang FP3-Q2 MotoGP Valencia-1 2020: Mir ‘Geli’ Kasus Yamaha, Tiga M1 Saingan Klasemen..!

ManiakMotor – Buat Joan Mir yang sedang memimpin klasemen MotoGP sampai di Valencia, Spanyol yang acaranya 6 – 8 November 2020 ini, kasus katup mesin Yamaha membuatnya rada senyum. Tentu saja senyum membawa duka, hehe. Geli juga sih…

“Sesungguhnya saya tak ingin menanggapi persoalan tim lain beda merek juga. Tapi keputusan hukuman bikin senyum. Bila ada penyimpangan pada mesin, maka silakan nilai apakah benar hanya yang dihukum perancang mesin dan bukan pembalapnya?” papar Mir yang di hari pertama Valencia-1 dari hasil FP1 dan FP2 hanya ke-10 dan dia tetap tenang.

Iyalah. Bila hukuman merembet pada pembalap Yamaha, tentu buat Mir semakin enteng untuk juara dunia. Tiga saingan persis di bawahnya adalah penggeber M1. Khusus Maverick Vinales yang kena penalti start dari pit line, lantaran menggunakan mesin tambahan dari jatah mesin yang dibatasi lima. Vinales posisi ke-3 klasemen hanya beda 18 point dari Mir.

“Ada keputusan kontroversial oleh manajemen balapan, itu di luar kendali saya dan saya akan selalu menghormatinya. Satu-satunya keinginan saya, bisa mengakhiri musim 2020 dengan dengan baik. Lebih adil berlomba sampai akhir dengan semua lawan. Saya tidak ingin memenangkan juara dunia bila hanya karena saingan dihukum,” bijak Mir sembari tersenyum.

Lantas Mir lebih suka bicara hasil FP1 dan FP2 yang menurutnya sulit buat semua pembalap, karena memang hujan. “Saat FP2 mulai kering dan lebih baik, saya kehilangan kesempatan menyerang catatan waktu. Toh ke-10 sudah ok, bila FP3 hujan dia yakin langsung ke-Q2,” tambah Mir yang memprediksi balapan Minggu akan kering.

Mir hanya sikit menyinggung Vinales, tapi bukan soal hukuman start dari pit line, melainkan saat FP1 mengikutinya, “Saya lihat Maverick mengikuti saya. Saya membiarkan, karena saat itu saya berusaha meningkatkan lap by lap. Buat saya, tidak masuk akal untuk mempelajari seorang pembalap di sesi FP1. Saya malah tak bisa menahan senyum,” kritik Mir pada Vinales. Raider

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2020, Moto2 Dan Moto3

Hasil MotoGP Valencia-1, Spanyol 6 – 8 November 2020 Moto2 dan Moto3

MotoGP Valencia-1 2020: Deretan Derita Yamaha, Direktur Tim Meregalli Cs Dikarantina..!

MotoGP Valencia-1 2020: Vinales Tahu Masalah, Pakai Mesin M1 Ke-6, Start Dari Pit Line..!

MotoGP Valencia-1 2020: Rossi Akan Ikut FP3, Diam Soal ‘Curang’ Katup Mesin M1..!

BAGIKAN