nhk

Jelang FP3-Q2 MotoGP Valencia 2019: Kans M1 Pada Quartararo-Vinales, Jangan Kalah Sama Lorenzo

ManiakMotor – M1 terakhir huara eh juara di sirkuit Valencia, Spanyol pada 2016 lewat Jorge Lorenzo. Habis itu kosong. Maksudnya nggak ada prestasi, kecuali Maverick Viñales tahun lalu bisa pole position. Namun dari sesi sebelumnya seperti FP1, FP2 atau FP3, M1 justru nggak berkutik.

Berbeda dengan nuansa tahun ini, Yamaha sejak FP1 dan dilanjutkan FP2 menguasai keadaan. Terutama dari sosok Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) yang didampingi Vinales dari Yamaha pabrikan, “Langsung nyaman M1 di sini. Biasanya diawali masalah. Dengan gebrakan awal ini, tentu mentalnya sangat berbeda. Basis setelan motor langsung dapat nih,” papar Vinales yang kombinasi FP1 dan FP2 berada di posisi kedua terpaut 0,148 detik dari Quartararo.

Demikian juga Quartararo yang mengaku langsung manjur saat menggunakan ban lunak pada M1 setelitnya. Pembalap Prancis ini memang dikenal punya kealian lebih saat menggunakan ban soft ketika sesi latihan dan kualifikasi, “Walau langsung enak, saya masih harus konsentrasi di sektor terakhir,” kata Quartararo yang langsung bisa tune-in di Valencia lantaran dirinya punya pengalaman dari tes pramusim di situ.

Analisa Viñales, M1 langsung bagus di Valencia, karena kombinasi dari beberapa faktor. Saat balapa di Asia, katanya dirinya belajar banyak sembari mendalami M1 dengan baik dan menjiwai. Hasilnya kata dia, tiga balapan berturut-turut selalu bagus dalam peningakatan motor dan dirinya.

“Di Sepang, kami mengerti bagaimana meningkatkan pengereman dengan mesin (engine brake). Di Sepang mungkin kami memiliki rem mesin terbaik sepanjang musim. Tapi di Valencia ini  harus memperbaikinya. Tapi sudah punya referensi dari Sepang yang bisa diakali dari sisi lain,” tambah Vinales.

Viñales dan Quartararo tetap berharap mendatang ada perbaikan untuk top speed. Di situlah, M1 saat ini sering kecelongan saat berlomba. Dan jangan kalah dengan Lorenzo yang membawa M1 menang 2016 tadi. Termasuk pemegang rekor kecepatan di Valencia dengan M1, ya itu si Lorenzo yang telah menyatakan pensiun. Jangan sampai dia 2021 balik ke Yamaha, hehe. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia 2019, Moto2 Dan Moto3

Jelang FP3-Q2 MotoGP Valencia: Rossi Keburu Jatuh Nggak Sempat Time, Gegara Tumpahan Minyak..!

FP2 MotoGP Valencia 2019: Tercepat Quartararo (Lagi), Rossi Dua Kali Jatuh Posisi 14..!

FP1 MotoGP Valencia 2019: Quartararo Tercepat, Ducati Meleduk Kebakaran, Lorenzo Gitu Loh..!

MotoGP Valencia 2019: Pensiunnya Lorenzo Sentilan Buat Rossi..! Didukung Marquez


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353