nhk

Jelang FP3/4 Q1 MotoGP Argentina 2017: Waduh! Demo Bikin Rossi Tampil Jeblok, M1 Jadi Aneh

Rossi, Yamaha, Argentina

ManiakMotor – Cukup mengejutkan. Hasil dari latihan resmi terakhir, Jumat (7/4), Valentino Rossi berada di urutan ke-16 dengan 1:40.531, sedang rekan setimnya Maverick Vinales tercepat dan terpaut 1.054 detik. Tapi, waktu The Doctor tersebut sudah sama dengan waktu balapan rata-rata kok. Buruknya hasil tersebut dikarenakan sedikit masalah dengan bagian depan motor.

Rossi tidak sendiri tampil buruk di antara pembalap papan atas yang terlempar dari 10 besar. Ada Dani Pedrosa (13), Dovizioso (14) dan Lorenzo (18). Keempat pembalap ini harus bisa mampu memperbaiki posisi di FP3 jika ingin lolos dari kualifikasi pertama (Q1). Apalagi, cuaca diperkerikan akan baik dan lintasan kering.

Selama latihan resmi dua kali, Vale menggunakan setelan sangat mirip di Qatar. Anehnya, “Setiap masuk tikungan selalu banyak gerakan di depan, tidak bisa cepat saat manuver, dan kehilangan banyak waktu di setiap tikungan,” keluhnya pada soal motor diajak lincah jadi lelet bolak-baliknya itu.

Tadinya, ban kompon terlunak Michelin diperkirakan penyebab kesengsaraannya. Karena, ia menginginkan ban keras tidak didrop oleh Michelin lantaran di Argentina terjadi pemogokan transportasi. Kemungkina ban yang diinginkan Rossi baru bisa disuplai hari ini. “Saya tidak tahu berapa banyak ban, tapi persoalannya lebih pada motor. Kondisinya beda dengan di Qatar. Kami mencoba banyak hal, jujur saya memiliki masalah yang sama seperti di Qatar. Kalau dengan M1 2016, perasaan di tikungan sangat alami,” beber Rossi.

Vale sangat membutuhkan ban depan yang kaku. Sementara yang ada pada tim bekas tes, katanya, berkompon lunak. Namun, ketika ditanya mengapa dirinya tidak marah berada di laur 10 besar. “Jika Anda menginginkan itu, aku bisa lebih marah. Tidaklah, brosist. Kita sedang berjuang pada sasis. Lihat saja, besok (hari ini),” santai Rossi yang nggak sebut brosist. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Argentina 7, 8, 9 April 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN