nhk

Jelang FP3/4 MotoGP Italia 2017: Vinales Minta Ban Lunak, Tiru Gaya Balap Lorenzo

Vinales, Mugello, Motogp

ManiakMotor– Ketika mengalami kecelakaan di tikungan Arrabbiata 2 (T8) saat FP2, Vinales sedang melaju dengan kecepatan penuh 208 km/jam. Akibatnya, motor pun koprol sampai dua kali ke gravel sehingga mengalami kerusakan cukup parah. Beruntung, pembalap Catalan itu tidak cidera serius karena tergulingnya di pinggir.

Tapi, perbaan yang menutupi luka kecil di lengan kanan menunjukkan ia melesat dengan kecepatan tinggi. Insinden itu bisa dibilang murni kesalahan pembalap. Bayangkan, pada kecepataan 208 km/jam melaju di atas kerb dan motor pun direbahkan masih berada di wilayah pembatas tersebut.

Diperkirakan, Vinales melaju di atas kerb karena kecepatan sudah melebihi batas. Tentu, harus ngerem dengan cepat pula. Mungkin perlakuan pada rem yang keras ditambah roda depan medium, sehingga daya cengkeram kurang menjadikan motor tergelincir.

Vinales coba membela diri. Ban senyawa medium dengan desain asimetris, katanya agak sulit menikung ke kanan ketimbang ke kiri. Bicara sama tim, sepertinya Vinales akan meminta ban depan yang lembut untuk bekerja 23 lap, esok (4/6).

“Saya tidak memiliki perasaan terbaik di depan, terutama sisi kanan. Sudah gitu, tangki bahan bakar dalam terisi penuh, sehingga beban ke depan lebih berat saat di rem,” jelas pemimpin klasemen sementara ini.

Untuk balapannya, Vinales akan mengcopy gaya balap Lorenzo karena sangat cepat di Mugello. Kebetulan tim punya data bagus tahun lalu. “Meski motor dalam kondisi baik setelah Le Mans diperbaiki sedikit, saya tetap harus memperbaiki gaya balap. Ternyata, tidak 100% cocok sama M1,” pungkasnya. Rezki

BAGIKAN