nhk

Jelang FP3/4 MotoGP Jerez 2017: Rossi Keluhkan M1 17, Puji Motor Lawas, Trek Tambalan

46 Rossi Jerez 2017a

ManiakMotor – Ketika basah, selisih waktu Rossi dengan tercepat di FP1 terpaut 1.615 dan berada di urutan ke-16. Saat trek kering (tidak menyeluruh) bisa lebih baik ke-12 dengan jarak 1.278 detik. Kedua latihan dikuasai oleh Dani Pedrosa dari Honda. Kalaupun kalah cepat, seharusnya The Doctor tidak begitu telak karena ia pemenang tahun lalu.

Vale mengakui dirinya tidak cukup cepat di kedua FP, kemarin (5/5). Katanya, sekarang ini kebalikan dari tahun lalu. Ketika dirinya cepat di basah, Honda bermasalah. Bedanya, tahun lalu ia menggenjot motor tua, segala sesuatu sangat nyaman.

Sekarang ini, dengan motor baru ada masalah baru pula. “Sudah basah kuyup, menderita pula. Kami tidak menemukan setelan yang tepat. Ketika pakai motor lawas semuanya jadi mudah. latihan di hari kedua tidak bisa santai harus kerja,” urai Vale.

Ketika trek kering, Rossi coba tampil maksimal. Ternyata, ada banyak tikungan dengan tambalan dan ini agak berbahaya. Sulit bisa mengendarai 100 persen, ditambah punya masalah sama settingan. Kondisi seperti ini (basah dan kering) pernah dialami saat tes pramusim dan mirip dengan balapan pertama di Qatar.

Akhirnya, ia mengubah segalanya di hari perlombaan. Kali ini dengan motor baru, keluhnya sulit mendapatkan keseimbangan. Trus, masuk di beberapa tikungan motor agak goyang dan tidak cukup cepat, juga butuh akselerasi sangat banyak.

Tak tahu, apakah ini ocehan taktik bikin lawan lengah dari Rossi. Yang pasti, ia memuji performa mesin RC213V dan mengkhawatirkannya bila lomba berlangsung basah. Mari kita tunggu, gebrakan Rossi hari ini. Rezki

BAGIKAN