nhk

Jelang FP3/4 Q2 MotoGP Jerman 2017: Vinales Ogah Sasis Baru, Gali Potensi M1 Baru

ManiakMotor – Soal sasis baru, Vinales sudah putuskan sangat tidak cocok buat dirinya. Makanya, ia tidak pakai saat di Sachsenring, hanya M1-nya baru sejak di Assen. Satu hari jelang FP1 dan 2, pembalap Spanyol itu menjelaskan bhawa tidak mungkin menggunakan sasis baru dengan gaya naiknya yang seagresif itu.

Makanya, di Sachsenring yang menjadi ronde kesembilan, ia terus menggali potensi M1 barunya yang katanya begitu banyak.”Mungkin bukan yang terbaik untuk gaya saya karena aku terbiasa menjadi benar-benar agresif,” ujarnya ditanya soal sasis baru.

M1 baru itu sudah dipakai sejak di Assen lalu. Soal kecelakaan di chicane terakhir yang dibilang sebagai “hal aneh dalam hidupnya”, karena keagresifannya. Ia mengubah arah motor terelalu cepat, ditambah buka gasnya pun juga berlebihan.

Langkah itu dilakukan karena ingin menjaga jarak. Jadi, begitu terjadi wheelie, ia cepat mengubah arah. Sedang motor tidak memiliki keseimbangan yang baik untuk mengubah arah. “Saya belum pernah mengalami kecelakaan di chicane, terutama saat keluar,” tegasnya.

Dari pengalaman di Assen itu, ia lebih memilih pakai sasis lama. “Sasis yang aku naik di awal musim telah memberi sedikit lebih percaya diri untuk menjadi agresif, terutama untuk mengubah arah. Sekalipun dengan buka gas yang cepat,” tandasnya.

Nah, hari ini yang masih punya kesempatan latihan akan dimanfaatkan untuk mengetahui bagian dari motor yang bisa ditingkatkan. Karena, ia dan tim harus membuat pilihan yang tepat (terutama untuk sasis). “Hari ini kami akan melakukan berbagai solusi untuk balapan besok,” tutup Vinales. Rezki

BAGIKAN