nhk

Jelang FP3/FP4 MotoGP Amerika 2014: Dovi Punya Ambisi, Tinggalkan Cota Ada Perubahan Latihan

Dovi, motogp,austin

ManiakMotor –  Hasil dari dua kali latihan (FP 1 dan 2) dengan tercepat ketiga dan keenam, tidak terelalu mengecewakan Andrea Dovizioso. Pembalap Ducati itu masih punya kesempatan malam ini (22/4) untuk memperbaiki performa Desmosedici GP17 bisa melejit di COTA. Tapi, ada target lain dari pembalap Italia ini saat meninggalkjan Amerika usai balapan.  Ia sibuk “melobi” agar keinginannya yang sudah diperjuangkan sejak tahun lalu bisa terpenuhi.

Dovi menginginkan ada perubahan penting pada format sesi latihan. Saat ini, 10 pembalap yang lolos ke kualifikasi 2 (Q2) diambil dari tiga sesi latihan resmi. Sedang sisa pembalap harus mengikuti Q1 dan dua tercepat berhak mengikuti Q2.

Nah, dua latihan resmi  pada Jumat, menurutnya ngabisi waktu dan buang-buang ban. Pembalap dipaksa menjajal semua kompon ban (tiga depan dan tiga belakang). Usulannya, pada FP3 tidak ditentukan waktu, tapi jumlah lap saja yang menuju ke Q2.

“Saya adalah salah satu pembalap yang percaya bahwa kami bisa mengubah fortmat itu,” ujarnya di Austin. Perjuangannya sudah dilakoni sejak tahun lalu, sejauh ini belum dipertimbangkan. Dan di Argentina kemarin ia kembali membicarakannya ke komisi keselamatan FIM.

Ternyata, mayoritas pembalap di Komisi keselamatan pada mendukung perubahan tersebut. Diakuinya, tidak mudah mewujudkan perubahan itu. “Saya tidak tahu kapan akan terjadi, tapi menurut saya penting,” sebutnya penuh semangat. Rezki

BAGIKAN