nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 Motegi 2017: Rossi-Vinales, Penyakit Kambuhan M1 2017 Saat Hujan

46 Rossi Jepang 2017

ManiakMotor – Grip roda belakang yang kurang saat hujan disebut dua pembalap Yamaha jadi penyakit kambuhan M1 2017. Itu yang membuat Valentino Rossi dan Maverick Vinales hanya ke-12 dan ke-11 di hari pertama MotoGP Jepang (13/10-2017).

Masih untung Rossi yang andai FP3 hujan lagi aman untuk langsung ke-Q2. Eh macam mana itu belum aman. Sama dengan andalan Yamaha Movistar untuk jadi juara dunia 2017? Ya si Vinales. “Ini masalah klasik (kambuhan) saat hujan. Gripnya setengah mati disetel!” seru Vinales yang entah teriak pada siapa?

Diangguki sang senior yang sebenarnya telah pasrah, lantaran kansnya di klasemen sudah meredup. Rossi sendiri belum punya trik untuk mengatasi grip dalam keadaan basah. “Hujan memang menyulitkan Yamaha sepanjang tahun ini. Sudah banyak yang telah dilakukan, namun belum bisa mengatasi masalah,” timpal The Doctor.

Intinya kedua pembalap Yamaha itu sedang bingung untuk mengembalikan keadaan. Paling bingung tentu saja Vinales. Kalau hujan terus dia sudah membayangkan selisih pointnya dari dua pesaing utama di klasemen. Kedua saingannya itu justru 1 – 2 di hari pertama. Betapa tidak gondokan tuh.

Kalau Rossi, pasti akan cari akal. Apalagi bebannya sudah lepas dari pundak soal juara dunia. Lagi pula belum tentu Minggu saat balapan akan hujan atau basah. Masih banyak kemungkinan-kemungkinannya. Miolo