nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Amerika 2017: Kata Rossi Penyetelan Motor Tak Pernah Tamat

46-rossiAmerika 2017

ManiakMotor – Ah ternyata M1 Valentino Rossi nggak banyak diubah dari setelan di Argentina. Paling hanya penyesuaian close rasio dan final gir yang dilanjutkan mengedit elektronik, hehe. Keseimbangan motor berlari di 20 tikungan Austin sudah lebih baik. Singkatnya setelan dasar sudah langsung bersahabat di hari pertama ronde 3 MotoGP di sirkuit Austin, Amerika pada Jumat 21 April 2017 di sana.

Karenanya, Rossi langsung tune-in di hari pertama dibanding dua balapan lalu. Dua balapan lalu, katanya perjuangan yang sangat berat. “Kamu tahu, di Argentina kami momodifikasi front-and sangat banyak demi keseimbangan. Ternyata itu tidak banyak diubah sampai di Amerika. Makanya langsung berada di lima besar,” sebut Rossi dengan gembira yang berada di urutak ke-4 dari kombinasi FP1 dan FP2.

Rossi nggak cerita bagian yang digerinda, ditunner atau dilas, huss. Kan dimodifikasi. Yang jelas wilayah depan yang hanya ada sokbreker, segitiga, komstir, rem dan ban untuk penyetelan keluhan tersebut. “Saat ini kami sangat mengerti kelanjutan setelan pada sesi selanjutnya. Tahu langkah menyusun set-upnya,” kata Rossi yang bukan menggertak, tapi memang begitu adanya.

Rossi malah mengingatkan yang namanya peningkatan setelan motor tak akan pernah tamat. Data memang ada seperti tahun lalu. Tapi tahun lalu kondisi sirkuit Austin belum benjol-benjol terlalu parah. Di saat sama ada perubahan juga pada M1 2017. Otomatis setelan beradaptasi kembali setiap datang ke sirkuit. Belum lagi perubahan konstruksi ban yang disodorkan Michelin. Dari sisi Rossi sudah memperbaiki dengan cermat, tapi katanya masih ada yang lebih kencang macam Maverick Vinales dan Marc Marquez.

Itulah seni balapan, korek terus nggak habis-habis apalagi sekelas MotoGP yang riset nggak pernah berhenti. Seni yang selalu bikin The Doctor menikmatinya sampai umur 38 tahun masih ngelawan. “Selanjutnya itu tadi, kami mengerti arah setelan selanjutnya terutama pada pengereman keras di Austin. Motor sudah enak pada akselerasi dan perubahan arahnya,” tutup Rossi.

Ya, ya, ya ngerti. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Amerika 21, 22, 23 April 2017 Moto3 Dan Moto2

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353