nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Aragon 2017: Duet Yamaha Di luar 10 Besar, Rossi Sekadar Tampil?

46 rossi aragon 2017-1

 

ManiakMotor – Dua pembalap Yamaha di luar 10 besar atau belum sampai target untuk kuota Q2. Andai hujan di FP3, keduanya harus lewat Q1. Kalau tidak lolos dari Q1 berarti start dari luar 12 besar pada lomba Minggu 24 September 2017 di sirkuit Aragon, Spanyol. 

Okelah kalau Valentino Rossi yang memang turun di Aragon belum sehat betul dari cidera patah kaki. Itu pun Rossi sudah merasa membaik dengan posisinya di FP1 yang ke-18 dan ke-20 di FP2. Macam mana dengan Maverick Vinales yang sehat dan ingin mengejar selisih pointnya dengan musuh. 

Memang sih sikon atau situasi dan kondisi tidak normal alias hujan pada hari pertama. Toh semua peserta juga berlari di trek yang sama? “Ehmmm… cukup senang. Sudah nyaman di atas motor. Di sesi pagi dan sore kakinya nggak masalah. Saya tidak merasa kesakitan. Saat basah agak lebih mudah, karena kurang menuntut kecepatan. Tapi harapannya sih, kondisi cuaca yang lebih baik lagi,” sebut Rossi yang nggak memasalahkan posisinya.  

Yang penting buat Rossi dia sudah bisa tampil. Tampilnya pun boleh jadi ‘terpaksa’ di Aragon ini atau ada deal dengan Dorna. Siapa tahu! Sebab tanpa hadirnya Rossi di Misano penonton langsung yang duduk di tribun berkurang, padahal tiket sudah laku duluan. Di sisi lain rating televisi pada anjlok. Termasuk sampeyan penggemar Rossi pasti ketiduran di depan televisi dan malas membuka hp. 

Sekadar Rossi tampil ini bisa dilihat lagi di FP3. Andai sesi ini kering dan Rossi masih jauh di belakang, artinya memang begitu. Malah dari omongannya dia belum menentukan akan ikut sampai lomba atau tidak?

Kalau Vinales wajib didorong. Sejak awal dia sudah berkobar main panas di Aragon, karena dia juga orang sana. Sayang dia atau motornya juga lagi bermasalah saat lintasan basah. Katanya setelannya nggak dapat-dapat. 

Bayangkan, Vinales kalah dari Rossi yang masih kesakitan di FP1. Di FP2 pun Vinales bisa membaik namun hanya ningkat sikit ke-17 tertinggal 1.7 detik dari yang tercepat. “It was very complicated. Sudah dicoba menggunakan set-up terbaru, tapi gagal total. Ban terlalu banyak spin. Menggunakan setelan basah seperti Misano, juga tidak mempan. Jadi, kami masih mencari solusi,” sebut Vinales dengan lemes. 

Sabar ya bro, mudah-mudahan FP3 kering dan lombanya juga. Miolo 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Aragon 2017, 22 – 24 September, Moto2, Moto3

BAGIKAN