nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Aragon 2017: Rossi Butuh Kering, Uji Kekuatan Lengan, Tolak Pakai Serat Karbon

Rossi, FP3 Aragon, motogp

ManiakMotor – Rossi sangat tidak berharap ketika FP3 dan FP4 masih licin, pagi dan siang ini (23/9). Sebaliknya, juara dunia sembilan kali 38 tahun itu berharap kering. Tujuannya, bukan sekadar ingin mengukur kekuatan kaki yang diakuinya untuk injak pedal rem tidak kuat. “Ada bagian lain pada tubuh mesti dipastikan bisa mendukung,” tegasnya.

Siraman rintik hujan sebelum dimulai setiap FP, kemarin menjadikan permukaan trek lembab dan harus pakai ban basah. Kondisi seperti Vale merasa cukup senang dan nyaman di motor. Kaki dalam kondisi baik dan tidak terasa nyeri dari total 21 lap dihabiskannya (pagi 8 dan siang 13 lap).

“Kala basah, pasti secara fisik jauh lebih mudah, jadi bisa membantu saya untuk memulai akhir pekan. Di sisi lain, kondisi seperti ini justru lebih berbahaya,” ujarnya. Pembalap, katanya lebih mudah membuat kesalahan kecil dan kecelakaan.

Dari beberapa sudut pandang, lanjutnya lebih baik di basah, tapi dari sudut pandang lain ini sedikit lebih buruk. Karena, Anda harus selalu memperhatikannya. “Saya butuh trek kering, ini lebih menuntut, tak cuma untuk kaki, juga bagian lainnya,” tegas Vale.

Rasa penasaran Rossi ingin kering, untuk menjawab hasil tes di Misano ketika mengendarai motor superbike. Dirinya pengin tahu seberapa besar kerja lengan dan bahu untuk pengereman. Pasalnya, ia mengaku kakinya tidak kuat untuk menginjak pedal rem.

Trus, di trek kering, lanjutnya, Anda harus terus naik lebih banyak dari satu sisi ke sisi yang lain. Kemudian, ketika badan miring sedikit lebih jauh dari motor. “Naik R1M dikering sama dengan nunggang M1 di basah. Ini saya tidak mengerti. Hari ini, kami mencoba footpeg lebih rendah,” tandasnya.

Rossi menolak memakai serat karbon khusus pada kaki yang cedera. Karena, mulai dari sepatu sampai baju balap sudah ada perlindungan ganda. “Saya merasakan sakit di lutut, pergelangan kaki dan bagian yang patah. Jadi, beberapa perlindungan sudah ada di dalam (boot) dan itu kerja tidak terlalu buruk,” pungkasnya. Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-aragon-2017-22-24-september-moto2-moto3/

BAGIKAN