nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Aragon 2017: Tercepat, Marquez Belum Maksimal, RC213V Sangat Kuat

Marquez, Aragon, Motogp

ManiakMotor – Honda sangat kuat di trek Motorland, Aragon, Spanyol. Kalo kedua sesi FP kemarin (22/9) dikuasai Marc Marquez (FP1) dan Dani Pedrosa (FP2) bukan kebetulan. Karena, data tahun lalu pun membuktikan Honda RC213V penguasa trek ronde ke-14 itu sejak latihan sampai balapan.

Walau tercepat di kedua FP, Marquez mengaku belum bisa mengambil kesiumpulan. Terutama berkaitan dengan berbagai perbaikan pada motor. Seperti pemakaian fairing dengan winglet internal dan cakram serat karbon, misalnya.

Untuk cakram serat karbon yang telah memberi kemenangan pertamanya di Misano, MM mengaku sedikit sulit. Komponen itu, katanya sangat sensitif. Pengeremannya dalam dan terkadang tidak konsisten lantaran sensasinya berbeda di tikungan.

Menarik disimak dari ucapan Marquez bahwa dia dan rekannya dalam FP 1 dan 2 tidak tampil maksimal. Fokus keduanya lebih pada menemukan kepercayaan pada motor, ketimbang mengambil risiko. “Mengingat, saat balapan jalurnya kering(diperkirakan panas). Untuk alasan ini, saya menghindari batas,” tegas Marquez.

Ada alasan, kenapa mereka tidak sampai batas maksimal menggenjot motor. faktor cuaca! Hari ini (23/9), latihan dan kualifikasi diperkirakan kering. Kesempatan itu akan dimanfaatkan untuk menjajal ban depan Michelin yang lebih kaku dari Mugello.

Ketika didesak, apakah perubahan motor berasal dari geometri? Marquez pun terdiam dan jawabnya diplomatis, “Keseimbangan motor,” sebutnya. Ini lebih banyak keseimbangan motor, lanjutnya lebih dari sekadar suspensi atau geometri.

Bila di FP3 (kering) dan FP4  Marquez atau Dani kembali tercepat, berarti Honda siap menuai angka sempurna. “Nanti, aku akan memberitahumuy,” canda MM soal motornya. Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/hasil-motogp-aragon-2017-22-24-september-moto2-moto3/

 

BAGIKAN