nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Assen 2017: Rossi Belum Tergoda Sasis Lama, Sasis Baru Ok

46 Rossi 2017 VR Assen

 

ManiakMotor – Untuk FP3, FP4, Q2 pada Sabtu (24/6-2017) di sirkuit Assen, Belanda, Valentino Rossi, mengaku belum tergoda dengan sasis lama. Dia fokus mengembangkan set-up sasis baru yang dicobanya dari Catalunya lalu. Belum peduli, M1 Jonas Folger (Yamaha Tech3) pakasi sasis lama lebih cepat dari M1-nya pada dua FP di hari pertama.

Rossi punya feeling terhadap sasis baru di Assen akan kompetitif. Itu sudah dirabanya  pada pada dua free practice. “Konsentrasi pada sasis baru tinggal dilanjutkan pada hari kedua. Di Assen memang tak pernah mudah langsung tune-in. Tapi sudah sangat baik dan puas berada di posisi 5 pada pagi hari (FP1) dan ke-6 di sesi sore (FP2). Posisi ini untuk menjaga di kelompok Q2,” kata Rossi yang di Catalunya tercebur di Q1 dan nggak lolos ke Q2.

Sasis anyar memang sengaja dicoba di sirkuit yang berbeda dengan Catalunya. Apalagi di sirkuit di negara penjajah Indonesia 350 tahun tersebut, sasis juga mendapat ujian keras. Trek Assen adalah lintasan yang sangat meliuk-liuk pada kecepatan tinggi dan dianggap tahun ini agak bergelombang. Sasis penentu kestabilan motor untuk jadi nyaman.

Seperti juga yang masih dikeluhkan The Doctor, pekerjaan selanjutnya terhadap suspensi agar bersahabat dengan sasis baru. “Jujur saja, motor belum 100 persen patuh pada keseimbangannya. Terutama di tikungan cepat belum cukup untuk berjuang sampai ke podium. Tapi itu tadi, masih banyak waktu untuk bekerja,” tambah Rossi berapi-api bicara dan mengaku akan cenderung menggunakan ban medium untuk lomba saat kondisi kering.

Toh Rossi juga membocorkan, pasukannya ke Assen hanya membawa satu sasis baru. Dua motor yang terparkir di paddocknya, salah satunya masih menggunakan sasis lama yang dikenal enak di aspal yang banyak grip, tapi berantakan di aspal yang kurang grip. Berarti, Rossi masih punya peluang menggunakan sasis lama.

Lho??? Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

Hasil MotoGP Assen Belanda 23, 24, 25 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2