nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Assen 2017: Tepat Setingan Dasar Suspensi M1 Vinales

ManiakMotor – Ramon Forcada adalah chief mekanik pada kubu Maverick Vinales. Dia bicara soal suspensi untuk sirkuit Assen. Katanya, Assen itu sirkuit yang nggak ada lurusnya dan selalu menikung. Dalam menikung pun dipaksa mengerem keras. Katanya, karakter seperti itu harus dapat setelan suspensi.

Itu pun, suspensi sulit diatur sampai benar-benar maksimal meredam pada tikungan kecepatan tinggi. Apalagi kalau pembalapnya banyak melakukan pengereman belakang, frekuensi suspensi akan banyak terganggu. “Ditambah lintasannya tahun ini ada yang bergelombang, nggak benar-benar rata,” sebut Forcada yang dari omongannya jurus itu yang ditekankan pada Vinales dan diterapkan pada M1 Vinales.

Hasilnya Vinales saat tampil di hari pertama (23/6-2017) terutama di FP2, sungguh cepat. Motornya sangat enak meluncur dan mencetak 1’33.130. Tadinya yang kedua ditempati Marc Marquez ditinggal 0.652 detik atau setengah detik lebih. Lalu muncul Jonas Folger (Yamaha Tech3) yang mengalahkan Marquez, sehingga selisih dengan yang kedua hanya 0.367 detik.

Dari omongan Vinales sih memang memuji-muji M1 garapan Forcada. Katanya sangat enak menggelindirng di Assen. “Sejak pagi di FP1 setelan dasar motor sudah menjanjikan. Mudah mendapat informasi untuk ditingkatkan pada sesi berikutnya. Pokoknya, saat M1 dapat grip yang bagus, jangan ditanya deh,” sebut Vinales yang nyaris tanpa menyinggung pakai sasis baru atau lama?

Vinales tinggal membandingkan ban, terutama soft, untuk mendeteksi apakah layak dibawa sampai ke lomba. Katanya dia kan melihat kembali pada FP4, karena saat itu kondisi lebih panas. Ban tersebut bisa dihitung untuk dikonversi sesuai banyaknya lap dalam lomba. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen Belanda 23, 24, 25 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN