nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Belanda: Dovizioso Harus Diperhatikan, Mesin Berasap Oli Berceceran

 

ManiakMotor – Coba perhatikan, Andrea Dovizioso belum diperhatikan. Sama dengan dua seri lalu, komentarnya usai sesi latihan pertama seolah tidak begitu penting. Dovi pada Jumat kemarin memang keempat dari gabungan FP1 dan FP2. Mirip-mirip dengan dia juara dua seri lalu.

Dovi santai saja tuh. Dia sudah mengultimatum lawan dan kawan, bahwa Desmosedici 2017 andalannya kecepatannya sama dengan Catalunya dan Mugello. “Dimulai dengan laju yang enak pada hari pertama. Walau jalur Assen memang sulit, saya bisa membuat waktu lap sesuai target,” sebut Dovi yang di FP1 mesinnya berasap dan olinya netes ke lintasan membuat FP1 dihentikan sermentara. Dengan oli itu, teman setimnya Jorge Lorenzo terpeleset, termasuk Jonas Folger.

Dovi tetap mengandalkan keunggulan Ducati lewat top speednya. Dari average speed memang empat teratas dipegang Ducati dan Dovi berada posisi kedua. Dia dapat topnya 309.4 km/jam. Gamabarannya selalu mencuri di ujung lintasan untuk rpm tingginya seperti yang dilakukan Dovi menang dua seri lalu.

Seperti biasa Dovi menunjuk Maverick Vinales dan Marc Marquez sebagai penantang. Katanya Vinales kuat dengan waktu lap sangat cepat. Marquez bagus menggunakan ban bekas yang artinya menjadi penghalang saat lomba sudah berjalan separuh. “Di beberapa area harus memperbaiki motor, agar bisa seimbang dengan lawan,” tambah Dovi yang saat ini berada di posisi kedua klasemen dengan hanya selisih 7 angka dari Vinales.

Dovi sudah berstrategi pada Sabtu 24 Juni 2017 untuk sesi FP3, FP4 dan kualifikasi, dia akan memperbaiki pengereman keras. Di tikungan pertama dan ke-16, dia masih sedikit kesulitan memperlambat motornya agar pas masuk tikungan. “Demikian juga saat tikungan panjang, throttle motor belum sesuai keinginan. Tunggu saja dan lomba selalu memberi kenyataan, bisa pahit dan bisa pula manis,” sebut Dovi juga menerangkan motornya yang berasap di FP1 tak sampai merusak mesin terlalu parah, dia menggunakan motor yang sama di FP2. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen Belanda 23, 24, 25 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2