nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Belanda: Marquez, Honda Sangat Tidak Stabil Di Tikungan Cepat

 

ManiakMotor – Menurut Marc Marquez nih, di sirkuit Assen, Belanda, selalu bikin puyeng buat dirinya terutama motornya. Tahu sendiri kan Assen, sirkuit yang rada sempit, namun punya tikungan cepat di mana-mana. Karakternya juga meliuk terus. Panjang hanya 4,5 km, tapi ada 18 tikungan. Nah, RC213V kata Marquez sangat tidak stabil di situ.

Itu katanya. Faktanya saat hari pertama dengan FP1 dan FP2 pada Jumat 23 Juni 2017, dia mampu mengimbangi anak-anak Yamaha. Si MM ini pun bisa ketiga. “Assen selalu menjadi sirkuit yang rumit buat Honda. Karakter sirkuitnya banyak tikungan cepat, motor sangat sulit didiamkan di tikungan cepat,” jujur Marquez yang bisa ketiga tentu dengan usahanya yang nggak peduli motor goyang-goyang tapi throttle buka terus. Tancap…

Bukan pembalap dan motor pabrikan, bila tak ada solusinya. Tim dan Marquez berusaha mendapat set-up paling topnya untuk mengatasi masalah yang ia ceritakan. Terutama pada hari kedua ini, mereka akan fokus pada set-up dasar untuk menenangkan RC213V di tikungan cepat. Ya kalau tikungan-tikungan berdekatan, Honda jagonya.

Assen ini secara tradisional memang jadi sirkuit lawan. Marquez sangat tahu hal itu, maka dia mencoba untuk meningkatkan semua amunisi agar bisa seimbang. “Terutama set-up dasar yang  sudah mulai ada arahnya dengan hasil dari FP1 ke FP2 yang meningkat,” tambah Marquez yang juara tahun lalu.

Sembari melakukan sesi FP1 dan FP2, Marquez juga tahu peta musuh yang harus diatasi. Ya iyalah, namanya juga balapan untuk mengalahkan musuh. “Pembalap Yamaha – terutama Viñales – sangat kuat di sini. Caranya harus bekerja keras dan saat balapan 100%,” janji Marquez.

Kalau perlu lebih dari 100 persen. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen Belanda 23, 24, 25 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN