nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Jerman 2017: Marquez Koreksi Racing Line Aspal Baru

 

ManiakMotor – Sudah berkali-kali menang, jelas tahu basis set-up motor yang nyaman di sirkuit Sachsenring. Aspal baru di sirkuit tersebut, akan membawa grip lebih baik dari sesi ke sesi. Maksudnya makin kencang. Tinggal memperhitungkan kondisi basah dan kering yang sulit diprediksi, tapi siap menghadapinya.

Itulah Marc Marquez setelah menjalani hari pertama sesi latihan bebas di Sachsenring, Jerman pada Jumat 30 Juni 2017. Dan hari ini pada Sabtu 1 Juli akan melanjutkan set-up dan memantapkan titik-titik tikungan yang telah dia kuasai, maklum sejak di MotoGP dia penguasa Sachsenring yang bayak tikungan kiri tersebut.

Ditambah pula, Honda memang doyan di sirkuit butuh gigi rendah, kendati itu motor dengan big-bang-nya tahu ini belum ketemu topnya. “Memang hanya ke-6 di FP1, tapi itu terlalu hati-hati karena tikungan-tikungan tajam Sachsenring harus dijalani begitu. Jangan mengambil risiko. Ingat di sini motor mudah kehilangan depan. Saat basah (FP2), termasuk nyaman, tinggal meneruskan potensi,” jelas Marquez yang mebela Repsol Honda Team dan di sebenarnya di akhir sesi FP2 sudah aman tercepat, namun detik terakhir muncul Hector Barbera mengalahkannya.

Marquez mengklaim saat basah dengan aspal baru Sachsenring, gripnya lebih baik dari tahun lalu. Dia bisa berani membuka gas ketimbang lawan. “Aspal baru ini bisa mengubah segalanya. Dari cara bawa sampai racing line. Tapi saya tetap percaya dengan racing line yang lama,” jelas Marquez yang sejak GP125 sampai Moto2 tidak terkalahkan di situ.

Sabtu ini Marquez akan coba beberapa kombinasi ban, kalau kering. Saat basah pun masih ada yang akan dicobanya. Intinya dia siap kering dan basah. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sachsenring Jerman 30 Juni – 1 – 2 Juli 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN