nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Misano 2017: Elektronik Ducati Dovizioso Setting Ulang

04 Dovi Misano 2017

 

ManiakMotor – Lagi, perhatikan grafik Andrea Dovizioso saat FP1 dan FP2 di sirkuit Misano, San Marino. Dua FP pada Jumat 8 September 2017 tersebut, dia hanya ketiga. Disebut hanya, karena masih ada yang lebih cepat dari Ducati Dovi. Tapi itu masih lebih baik dari Silverstone yang di awal latihan bebas sulit masuk ke posisi lima besar, tapi hasilnya malah juara.

Apalagi dengan posisinya ketiga yang kata lainnya sejak awal sudah menemukan irama balapnya di Misano. Hari pertama ini, Dovi coba-coba fairing baru. ”Hanya ketiga, tapi kecepatan sudah mirip dengan yang tercepat. Padahal banyak yang berubah dari setelan dasar saat test di Misano lalu. Cuaca kali ini sangat panas,” sebut Dovi yang dalam ceritanya walau setelan berubah dadakan, Ducati bisa melaju  dan masih mengaku belum 100 persen menyatu dengan motor.

Di sebut sangat panas saat FP2 suhu lintasan 39oC. Itu butuh cara yang berbeda dibanding tes untuk menggeber motor, lantaran perbedaan susunan setelan. “Yang paling berubah pada grip yang berkurang. Otomatis mapping elektronik menyesuaikan juga,” tambah Dovi yang sebut-sebut fairing baru yang akan digunakannya sampai lomba, memiliki keseimbangan yang baik.

Elektronik berubah pada AFR-nya, hehe… pasti lebih tinggi alias kering. Makanya luncuran tenaga ke roda juga persentasenya dikurangi lewat mapping, agar putarannya sesuai kondisi trek. Mungkin maksudnya begitu pada penyetelan elektronik yang menurut Dovi bisa sewaktu-waktu digeser-geser  sesuai kondisi. Termasuk saat akan menjalani FP3, FP4 dan diakhiri dengan kualifikasi pada Sabtu 9 September ini.

Yang pasti, Dovi lagi senyum-senyum lantaran masih Ducati yang tercepat di hari pertama lewat Danilo Petrucci (Pramac Ducati).  Ducati yang lain saja kencang, apalagi miliknya yang asli pabrikan. Belum lagi dengan kondisi panas itu, dia punya senjata suspensi Ohlins yang tabungnya gabungan dari karbon. Karbon lebih baik penyerapan panasnya ketimbang aluminium. Peredam akan normal daya tahannya. Miolo

BAGIKAN