nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Prancis 2017: Kalau Cerita Hujan, Si Jack Miller Oke Deh

43 Miller fp1 Lemans 2017-a

 

ManiakMotor – Cerita hujan Jack Miller boleh sesumbar. Di saat tidak normal itu motornya bisa melawan. Di saat sama skill kontrolnya pada  kondisi basah mumpuni. Jangan heranlah di hari pertama ronde 5 MotoGP di sirkuit Le Mans, Prancis pada Jumat 19 Mei 2017, si Jack yang tercepat.

Itu hitungan kombinasi FP1 dan FP2.  Walau di FP2 si Jack ini hanya ke-7, tapi di FP1 dia sangat luar biasa dengan catatan  1’37.467. Itu sama dengan meninggalkan  Marc Marquez yang kedua 1 detik lebih. “Di FP2 saya mencoba ban basah disodorkan Michelin. Ternyata di tikungan cepat, motor agak melayang. Makanya, 7 menit sebelum sesi FP2  selesai, saya sudah berhenti,” kata si Jack yang memakai RC213V kelas dua milik tim satelit EG 0,0 Marc VDS.

Kombinasi dua FP Lemans

Mungkin pembalap Australia ini sudah membaca, percuma kencang-kencangan di lintasan yang tidak normal. Toh di FP1, catatannya sudah jadi modal dan terbukti nggak bisa dilewati oleh siapa pun di FP2. Ya, modal untuk maju langsung ke Q2 bila di FP3 nanti kondisi lintasan masih tetap basah. Kalau kering beda lagi ceritanya.

Tapi cerita FP1 harus diketahui juga yang bikin Miller melejit sendiri. Sekitar 8 menit sesi mau ditutup dia bukannya nekat menggunakan ban slick soft, tapi memang sesuai perhitungannya. Saat itu, aspal Le Mans sudah mulai mengering penuh. Dan Miller yang memulai menggunakan ban slick tersebut.

Makanya dia ada tiga kali mengganti waktu tercepat saat FP1 dan akhirnya yang tercatat di atas tadi. “Kalau saya akan berharap hujan saat lomba. Sebab hanya di situ motor saya akan diperhitungkan,” kata Miller si pembalap yang tembak langsung usai juara dari Moto3. Miolo

BAGIKAN