nhk

Jelang FP3/FP4/Q2 MotoGP Prancis: Dovi Tercepat FP2 Belum Masuk Q2, Lorenzo Juga

99 Lorenzo Ducati 2017 Le Mans-1

 

ManiakMotor – Andai lomba hujan, yakinlah Ducati bisa berjuang podium di sirkuit Le Mans, Prancis. Faktanya ketika trek basah saat FP2 pada Jumat 19 Mei 2017, Ducati pabrik dan setelit berkerumun di lima besar, kecuali Jorge Lorenzo yang keluar dari 10 besar. Tapi Lorenzo ada alasannya yang masuk akal.

Sayang, kecepatan Andrea Dovizioso  di FP2 yang 1’41.673 belum menolongnya masuk 10 besar. Kalau hujan lagi di FP3 seperti kondisi FP2, terpaksa Dovi harus lewat Q1. Itu kalau hujan. “Pagi (FP1) lebih banyak coba dua motor agar siap pada kondisi normal. Di akhir sesi saat banyak pembalap pakai ban slick, saya terlambat mamasang ban yang sama,” sebut Dovi pada kondisi FP1 dan mencetak 1’41.871 dan dari kombinasi hanya ke-13.

Kombinasi dua FP Lemans

Agar singkron tulisannya harus melihat kondisi FP1. Sesi latihan bebas pertama ini diawali dengan sirkuit yang basah, tapi berangsur kering di ujung sesi. Joki-joki yang tercepat sudah menggunakan ban slick soft, sehingga bisa berlari di bawah 1 menit 40 detik. Silakan lihat hasil. FP2 kembali basah dengan hujan lumayan rutin.

Kondisi yang lebih miris dialami teman setim Dovi di Ducati Team,  Jorge Lorenzo. Pada dua FP, Lorenzo nggak masuk untuk rombongan langsung Q2. Dari kombinasi, Lorenzo hanya ke-17. “Ini pertama kali saya bermain hujan dengan Ducati dalam durasi yang panjang. Cara memanaskan ban saja, baru di FP2 didapatkan ritmenya,”  sebut Lorenzo yang mengaku sudah mulai paham akan kelebihan Ducati saat hujan.

Lorenzo juga mengaku sejujurnya saat FP1 dia sudah menggunakan ban slick soft pada 7 menit akhir sesi. Tetapi dia merasa nggak aman. “Saya lihat yang pakai Ducati lain berani melakukan manuver dalam kondisi basah. Artinya motor saya juga bisa, tinggal penyesuaian,” tambah Lorenzo.

Itu tadi, bila balapannya seperti FP1 dan FP2, kemungkinan besar Ducati akan dapat hasil, termasuk Lorenzo, apalagi Dovi. Itu sekalian para pembalap satelit yang saat FP2 berada di rombongan depan. Tapi itu kalau hujan ya dengan tipe Ducati yang lebih menjejak aspal dalam kondisi basah. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP LeMans, Prancis 19, 20, 21 Mei 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN