nhk

Jelang FP3/Q1-Q2 MotoGP Prancis 2017: Ini Bikin Rossi Terpuruk Ke-10, Mewaspadai Honda

Rossi, Motogp, le Mans FP1-2

ManiakMotor – Ada masalah apa Valentino Rossi dengan M1? Hasil dua sesi latihan resmi menempatkan dirinya di urutan kedelapan (FP1) dan ke-10 (FP2). Padahal, permohonannya hujan sudah dipenuhi. Tinggal, keluhan kemesraan M1 dengan ban belum juga didapat selama latihan, kemarin (19/5).

Padahal, The Doctor mengaku perasaannya sama M1 di trek basah sudah membaik. Meski, pada FP1 sedikit menyulitkan lantaran kondisi trek berbeda. Di awal pembalap harus pakai ban hujan, jelang akhir bisa pakai ban kering (slick). Tentu ini bikin kerja keras mendapatkan setelan yang pas. Hasilnya, Rossi harus puas kedelapan.

Sore hari, cuaca sesuai harapannya, hujan dan lintasan basah. Tapi, kenapa di sesi ini hasilnya lebih buruk, ya? Ternyata, Rossi pakai ban baru dan tidak dari awal. Sehingga, jumlah lap yang dibutuhkan untuk mendapatkan performa ban yang maksimal, tidak cukup. “Ban basah ini cukup lap yang banyak untuk dipanaskan,” sebut Rossi.

Ia mengaku, sore itu ritme dengan motor mulai ketemu. Bahkan lebih baik dari tes Jerez dan merasa cukup kompetitif di trek basah. Hanya, ada yang aneh. Ia mempertanyakan ban lama yang pernah dirasakan tes November dan Februari sudah hilang. Katanya, banyak pembalap juga menanyakan keberadaannya.

Untuk besok, Rossi minta trek lebih kering, baik saat latihan maupun kualifikasi. Ia secara akumulasi (FP1 dan FP2) berada di urutan kedelapan. Dan malam tadi, ia dan tim rapat untuk memutuskan pakai ban apa. Apakah dipakai seperti di Mugello, Jerez dan seterusnya. “Iitu dibutuhkan untuk memperbaiki rasa motor saat kerting, kan basah sudah,” sebut Rossi.

Dalam balapan ronde kelima, Rossi hanya mewaspadai duo Honda. Harapannya, semoga kejutan Jerez tidak terulang, yakni Honda finish 1-2 dan ia tidak podium. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP LeMans, Prancis 19, 20, 21 Mei 2017 Moto3 Dan Moto2

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN