nhk

Jelang FP3/Q1/Q2 MotoGP Prancis 2017: Beda Komponen, Marquez Konsisten Kedua, Sabtu Berharap Kering

Marquez, Motogp, Le Mans FP1-2

ManiakMotor- Ucapan Valentino Rossi bahwa Honda harus diwaspadai, bukan tanpa alasan. Terutama, andalan Repsol Honda Marc Marquez yang bersama RC213V tampil konsisten di dua sesi latihan resmi MotoGP Perancis, kemarin (19/5). Dengan kondisi trek yang berbeda di Le Mans, Marc menduduki urutan kedua, baik di FP1 maupun FP2.

Yang menarik, dalam kondisi cuaca membingungkan itu, dalam latihan kedua Honda memakinkan kombinasi tes. Terutama, pada FP2 di mana motor MM pakai knalpot lama, sedangkan Pedrosa dipasang yang baru (lebih panjang). Hasilnya, MM kedua dan Pedrosa melorot ke-26.

Meski konsisten, pembalap Spanyol itu memperhitungkan Ducati saat balapan. Bukan cuma Dovozioso sebagai yang tercepat di FP2. “Jorge (Lorenzo) juga punya peluang bisa menang di ronde kelima ini. Dan Yamaha pun pasti akan memperbaikinya performa mereka,” sebut Marquez.

Dari dua sesi latihan, juara dunia tiga kali itu mengaku lebih nyaman melesat di jalur basah. Meski diakui itu sebagai titik lemahnya, namun ia telah bekerja dengan baik berekat banyaknya dilakukan tes basah.”Sekarang, kita punya pemahaman yang baik, apa yang dibutuhkan ketika berada di jalur basah,” aku Marquez.

Bahkan, katanya ban yang baru telah memberi pegangan yang bagus pula. Kemarin itu, ia sudah mendapat jawaban cara memperlakukan motor dengan lembut dan sekaligus melindungi ban. Nggak diperjelas tuh yang disebut melindungi ban. Apakah soal spin atau cara membawa sehingga awet.

Termasuk sudut kemiringan motor di trek basah, katanya punya karakteristik tersendiri. Pembalap harus beradaptasi dengnan cepat dan baik. Itu sudah didapatinya, makanya ia bisa tampil konsisten di dua sesi latihan. Nah, pagi sampai siang, hari ini Marquez berharap cuaca bagus dan trek kering untuk mendapatkan setelan. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP LeMans, Prancis 19, 20, 21 Mei 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN