nhk

Jelang FP3/Q2 MotoGP catalunya 2017: Aksi Bodoh Miller Dan Sindiran Rossi, ‘Chicane Baru’ Dibatalkan

ManiakMotor – Rupanya, ketika latihan bebas kemarin Jack Miller melintasi ‘chicane F1’ bukan yang baru sampai empat lap. Itu bukan salah jalur, melainkan memang disengaja. Sampai-sampai ia dikibarkan bendera hitam berikut nomor 43. Bahkan, jelang akhir FP1 Marc Marquez memberi instruksi tangan untuk masuk pit.

Pembalap Australia itu berdalih ia masuk chicane F1 karena untuk memanaskan ban. Sebab, ia kala itu pakai ban slick. “Aku hanya pemanasan ban dan aku salah satu yang masuk lintasan pakai slick,” ujarnya sambil bercanda dan ia tahu itu salah.

Ternyata, ulah ‘bodoh’ Miller ini menuai keuntungan buat para pembalap. Terutama, mereka yang tidak suka dengan tata letak ‘chicane baru’. Kritik lantang datang dari Lorenzo diikuti Rossi dan Vinales yang tidak terang-terangan menuding kalo tikungan baru lebih menguntungkan Honda.

Keluhan pembalap yang disampaikan kepada komisi keamanan (Safety Commission) bukan seperti tudingan Lorenzo. Disampaikan bahwa ‘Chicane baru’ itu justru lebih berbahaya dari yang lama karena pengerjaannya tidak sempurna. Jelang masuk sampai di mulut tikungan banyak benjolan.

Akhirnya, diputuskan bahwa kembali ke tatak letak yang lama (chicane lama). “Itulah mengapa kita di sini untuk memastikan jalur yang digunakan besok adalah yang paling aman dipakai,” kata Loris Capirossi, Direktur Balapan merangkap perwakilan Dorna selaku pelaksana balapan.

Pertimbangan lain (selain benjolan), lanjut Capirex (julukan Capirossi saat di motogp) kembali ke tatak letak lama, banyak pembalap mengalami kecelakaan. Bahaya lagi, ketika insiden posisi motor masih di lintasan. Ini sangat berbahaya, jadi mulai hari ini kembali ke chicane F1. Rezki

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN