nhk

Jelang FP3/Q2 MotoGP Catalunya 2017: Kembali Ke Jalur 2016 Lewat Keberatan Rossi Cs

MotoGP Catalunya 2017

 

ManiakMotor – FP3, FP4 dan kualifikasi kembali memakai jalur 2016 atau jalur FP1 di sirkuit Catalunya, Spanyol pada Sabtu 10 Juni 2017 ini. Kemarin atau Jumat 9 Juni saat berlangsung FP1 dan FP2 menggunakan sirkuit yang jadi perdebatan. Terutama di sektor 4 soal penambahan chicane yang dianggap malah menguntungkan Honda, walau alasan panitia MotoGP demi keamanan. Faktanya memang Marc Marquez yang dominan di hari pertama tersebut.

Jalur lama dan baru

Yang bersuara keras kali ini bukan saja Jorge Lorenzo (Ducati) yang sebelumnya telah menuding perubahan itu hanya untuk Honda. Yang lain macam Valentino Rossi, Maverick Vinales dan bahkan didukung anak-anak Moto2 dan Moto3 untuk minta di-use lagi jalur pasca tewasnya Luis Salom. Itu jalur F1 atau mobil formula one yang dianggap lebih aman. Kecuali pembalap Honda yang masih ngotot tetap seperti jalur hari Jumat, namun suara mereka kalah.

Keputusan tersebut diambil setelah semua pembalap wajib berkumpul pada Jumat saat technical meeting bersama MotoGP Safety Commission. “Pembalap hanya mengeluh soal perubahan chicane itu kurang benar dikerjakan. Aspal di situ kurang grip dan bumpy. Sudah banyak kecelakaan pada Jumat FP1 dan 2. Karena itulah kami memastikan lintasan yang digunakan Sabtu yang paling aman yang bisa dilakukan safety commission,” jelas Loris Capirossi, pimpinan Safety Commission.

Capirossi lebih memperhalus perubahan tersebut. Maksudnya bukan karena menguntungkan Honda, tapi perubahan yang dilakukan terburu-buru. Berarti motor harus disetel ulang. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol 9, 10, 11 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

BAGIKAN