nhk

Jelang FP3/Q2 MotoGP Catalunya 2017: Marquez Manfaatkan Chicane Baru Ditentang Rossi/Lorenzo

93 Marquez Catalunya 2017a
Inilah chicane yang menguntungkan Marquez

 

ManiakMotor – Marc Marquez memanfaatkan kelincahannya di chicane baru sirkuit Catalunya, Spanyol. Sudah betul modifikasi Catalunya yang sebelumnya dituding menguntungkan Honda dari hasil FP1 dan FP2 pada Jumat 9 Juni sudah terbukti. Marquez yang tercepat pada kedua sesi tersebut.

Marquez juga dikenal sebagai pendukung pengambilan keputusan dari panitia untuk mengubah sirkuit tersebut. Yang diubah pada trun (T) T13 dan T14 agar menjauh dari pagar pengaman dan mendapatkan area run off.  “Intinya ini untuk kemanan. Kecepatan motor di situ menurun. Tapi kalau ritmenya dapat, niscaya motor enak diluncurkan,” jelas Marquez yang artinya dengan dia tercepat berhasil memanfaatkan tikungan berbalasan baru tersebut.

Belakangan yang mengeritik perubahan tersebut bertambah. Bila sebelumnya Jorge Lorenzo yang bilang, chicane itu menguntungkan Honda. Katanya, Honda akan lebih mulus bermanuver di gigi rendah di situ. Lorenzo ngotot walau sudah dibantah habis-habisan oleh Cal Crutchlow.

Kini muncul lagi dua pembalap Yamaha Movistar yang ikut mengritik. Valentino Rossi dan Mavarick Vinales sih berbeda dengan Lorenzo. Keduanya tidak menunjuk langsung menguntungkan Honda, khsusunya Marquez. Tapi justru menyusahkan buat mereka tikungan yang tetap menggunakan jalur MotoGP namun dihambat chicane tersebut.

Namun Marquez yakin dengan pendapatnya. Malah cederung mengajari lawan dan kawan menghadapi chicane ini. Katanya bila sakses di tikungan itu, harus mempersempit sudut T13 pasti akan mudah di T14. “Apalagi bila ritmenya sudah ketemu tadi. Pada dasarnya perubahan itu hanya dilakukan di T13 dan T14, yang lain sama saja,” pungkas Marquez seolah bilang, sudah ikuti saja.

Tapi pada Sabtu ini 10 Juni untuk FP3, FP4 dan Q2, lay out kembali menggunakan lintasan 2016 atau pakai punya FP1 akibat dari keberatan banyak pembalap. Kabar pastinya begitu, setelah Jumat semua pembalap berkumpul untuk technical meeting. Miolo

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol 9, 10, 11 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2

BAGIKAN