nhk

Jelang FP3/Q2 MotoGP Catalunya 2017: Rossi Dan Yamaha Jeblok Karena Ini, FP3 Harus 10 Besar

ManiakMotor – Dua kali latihan bebas (FP), pagi dan siang di sirkuit Montmelo, kemarin (9/6) kedua pembalap Yamaha betul-betul menderita. Kalo yang pertama (FP1) belum bisa jadi ukuran lantaran permukaan trek kombinasi kering campur basah di bagian tertentu. Vinales berada di urutan keenam dan Rossi di posisi ke-17.

Tapi siangnya (FP2), trek sudah kering betul, Rossi kesembilan sedang Vinales yang sampai geleng-geleng kepala ke-16. Sementara pesaing mereka Marc Marquez menguasai kedua sesi, sedang Lorenzo dan Dovi (Ducati) meluncur mulus.

Berantakannya hasil yang dicapai duo Yamaha sebuah harga mahal lantaran absennya Yamaha dalam tes pribadi, Mei lalu. Sehingga, tim dan pembalap tidak punya data dengan perubahan tata letak dan permukaan aspal yang baru. “Ini tentu masalah karena tidak ikut tes. Jadi, kami membutuhkan banyak waktu dan pekerjaan seharian itu. Akhirnya, latihan yang sesungguhnya, ya siang itu. Tapi untuk FP3 dan seterusnya layout kembali pada jalur 2016. Artinya peluang tetap ada,” keluh dan harap Rossi.

Lebih frustasi Vinales. Pakai ban medium depan dan belakang, dua kali ia melebar di tikungan. Masuk pit dan ganti kombinasai lembut depan dan medium belakang. Juga tidak maksimal dan malah lebih parah ke-16.

Pada latihan bebas ketiga (FP3), Rossi harus bisa masuk 10 besar. Tugas yang tidak ringan, tetapi akan menjadi ringan dengan kembalinya sektor 4 Catalunya menggunakan jalur tahun lalu saat lomba. “Walau kembali ke jalur lama, perlu memahami ban untuk balap,” urai pembalap 38 tahun yang kondisi fisiknya masih menggangu penampilannya.

Katanya begitu. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya Spanyol 9, 10, 11 Juni 2017 Moto3 Dan Moto2

Klasemen MotoGP 2017, Moto2, Moto3 2017

 

BAGIKAN