nhk

Jelang FP4/Q1/Q2 MotoGP Qatar 2017: Dua Hal Ini Bikin Vinales Akhirnya “Cium Aspal”

Vinales,FP2-3, Losail

ManiakMotor – Tampil tanpa cacat selama tes pra-musim sampai FP1 sebagai yang tercepat, akhirnya Maverick Vinales ‘mencium aspal’ juga. Kejadian itu dialami pembalap Yamaha pada FP2, Jumat malam (24/3). Tapi, lanjut FP3, ia kembali mempertontonkan kecepatan M1 yang luar biasa di sirkuit Losail, Qatar, Sabtu dini hari. Dirinya kembali berada paling atas dengan waktu 1:54.834, meski masih kalah cepat dengan hasil FP1.

Vinales mengakui insiden itu benar-benar kesalahannya. Bukan motor, juga setelan dan ia bisa menjaga kondisi dan mental. Buktinya, FP3 milik dia lagi. “Motor berada di level yang baik, tapi masih perlu ditingkatkan karena butuh sedikit lebih konstan aja,” sebutnya.

Soal jatuh itu, katanya daya cengkeram roda belakang kurang. Itu mungkin kondisi permukaan yang paginya sempat diguyur hujan. Faktor lain, ia mencoba daya tahan ban sedikit lebih lama, menyebabkan belakang tidak ada grip. “Kala terjatuh, itu benar-benar off line. Sudah telat menginjak rem, saat menikung posisi motor di luar jalur. Jadi, sangat lengkap kesalahan saya,” paparnya. Menurut Vinales, dirinya sudah menyadari akan jatuh.

Usai jatuh, Vinales lantas coba santai dan fokus pada kecepatan sepanjang waktu. Hasilnya, tidak begitu buruk. Dengan kondisi trek tidak 100%, ia bisa konstan dengan 1:55, sementara semua pembalap 1:56. dan pada FP4 ia janji tampil 100% seperti di FP1.

Dilihat di layar kaca, jatuhnya Vinales persis usai ‘memaksa’ melewati Valentino Rossi. Sejurus kemudian masuk tikungan 4, dia kehilangan grip depan. Agak grogi gitu???  Rezki

 

BAGIKAN